10 Cara Efektif Promosikan Konten Melalui Media Sosial

Apakah kamu seorang blogger, vlogger, atau salah satu dari tim digital marketing? Pasti kamu memiliki konten menarik untuk menjual brandmu. Salah satu cara menjualnya adalah menggunakan media sosial, tapi apakah promosi tersebut sudah kamu lakukan secara efektif?

Jika belum, berikut ini adalah 10 cara efektif untuk mempromosikan konten menggunakan media sosial, yang mungkin belum kamu lakukan secara efektif.

1. Berikan tampilan visual
Sesuatu yang dibagikan di Twitter dan Facebook menggunakan gambar mendapatkan lebih banyak repson daripada yang tidak. Selain itu medsos seperti Pinterest, Instagram, dan Snapchat juga lebih menarik karena didasarkan pada gambar. Jadi gunakanlah tampilan visual berupa gambar untuk mempromosikan kontenmu.

2. Buat judul yang menarik
Buatlah beberapa judul dan lakukan pengujian untuk melihat judul mana yang paling efektif untuk mempromosikan kontenmu di beberapa media sosial.

3. Sesuaikan dengan platform
Saat membagikan konten sesuaikan dengan platform media sosial. Jika membagikan link ke Facebook coba tonjolkan judul yang menarik perhatian, gambar yang jelas, dan deskripsi singkat yang menarik. Jika menggunakan Twitter, gunakan tulisan yang singkat dan menarik serta gunakan hashtag yang sesuai dengan topik kontenmu.

4. Bagikan pada waktu yang tepat
Masing-masing platform media sosial memiliki waktu ramai yang berbeda “prime time”. Coba bagikan kontenmu ketika orang ramai membuka medsos tersebut.

5. Bagikan beberapa kali
Sejumlah penelitian menyarankan bahwa lebih efektif dengan mempromosikan konten yang sama beberapa kali di media sosial. Gunakan beberapa gambar dan beberapa judul untuk kontenmu, dengan cara ini kamu sedang mengirim ulang konten yang sama tanpa disadari oleh pembacamu.

6. Ajukan pertanyaan
Jika kamu menyisipkan link dalam kontenmu, ajak pembaca untuk berkomunikasi denganmu yaitu dengan mengajukan pertanyaan agar ada interaksi.

7. Bagikan pada platform yang benar
Meskipun banyak platform media sosial yang bisa digunakan untuk membagikan konten, biasakan dengan media sosial yang lebih banyak dibaca oleh targetmu. Berkonsentrasilah pada platform dimana kamu memiliki kesempatan tertinggi untuk terlibat dengan targetmu.

8. Jangan pelit
Coba mulai sisihkan anggaran untuk menggunakan promosi di medsos, baik itu di Twitter, Facebook, dan media sosial lain agar lebih banyak target yang membaca kontenmu.

9. Maksimalkan advokasi brand
Perusahaanmu punya program advokasi brand oleh karyawan? Karyawan atau mitra biasanya saling berbagi konten. Dapatkan lebih banyak konten itu dan lakukan secara reguler untuk membantumu mempromosikan konten.

10. Manfaatkan komunitas
Bergabung dan menjadi angota komunitas media sosial yang relevan memungkinkan kamu untuk mempromosikan konten ke target kamu yang menggunakan media sosial.

Sekarang kamu sudah tahu 10 cara efektif menggunakan media sosial untuk mempromosi konten, maksimalkan penggunaan media sosialmu dan dapatkan respon lebih banyak dari targetmu.

 

Sumber: http://www.curata.com/blog/11-effective-ways-to-use-social-media-to-promote-your-content/

Related Posts