10 Selfie Berujung Tragedi

ilustrasi-artikel-selfie

Jaman sekarang ini siapa sih yang gak suka selfie atau sebutan beken dari self portrait? Hampir semua generasi gemar sekali melakukan selfie dari anak kecil hingga orang tua, fenomena ini terjadi di seluruh belahan dunia. Semua berlomba-lomba untuk melakukan selfie dengan pose dan latar belakang yang beragam pula. Bahkan ada kasus kecanduan selfie yang diderita oleh remaja berusia 19 tahun di Inggris, Dany Bowman. Ia telah kecanduan selfie sejak usianya menginjak 15 tahun. Sejak itu pula Dany sering memposting selfie-nya di Facebook. Ia terobsesi sekali untuk terlihat sempurna, ia bisa menghabiskan 10 jam waktunya dalam sehari untuk mengambil gambar selfie-nya. Komentar teman-temannya di Facebook sangat berpengaruh terhadap hidupnya. Jika ia mendapat komentar negatif ia akan merasa jelek dan sangat rendah diri. Orang tuanya pun kewalahan untuk menahan obsesi anaknya tersebut, ketika dilarang ia akan menjadi sangat agresif dan membahayakan dirinya sendiri. Sebelum dirawat di rumah sakit, ia mencoba membunuh dirinya sendiri karena tidak menemukan pose selfie yang sesuai dengan seleranya.

Meski tidak separah Dany, di luar sana banyak sekali kasus-kasus selfie yang membawa seseorang dalam bahaya bahkan tidak sedikit yang menemui ajalnya. Berikut adalah 10 Selfie yang Berujung Tragedi:

1. Beberapa hari yang lalu netizen dikejutkan oleh terjatuhnya seorang mahasiswa Atma Jaya, Yogyakarta yang terpeleset dan terjatuh di kawah merapi setelah memanjat puncak garuda, gunung merapi untuk berfoto. Eri Yunanto namanya, memanjat puncak garuda tanpa alat keselamatan hanya untuk berfoto. Senin kemarin, jenazahnya telah ditemukn oleh Tim SAR di kawah merapi dengan kondisi mengenaskan.

2. Di Rusia, seorang remaja 17 tahun, Xenia Ignatyeva ingin sekali membuat teman-temannya kagum dengan mengambil selfie di atas jembatan besi setinggi 28 kaki, namun sayangnya ia kehilangan keseimbangan lalu tergelincir dan jatuh tepat mengenai kabel listrik bertegangan 1500 volts. Ia tersengat listrik dan tewas seketika.

3. Seorang Ibu dan Anak tewas saat mengambil selfie di atas batu karang pantai Rancabuaya, Garut. Mereka terseret ombak saat sedang asyik selfie. Suaminya sempat berenang untuk menolongnya tapi karena gelombang ombak yang sangat besar ia pun tenggelam namun berhasil ditolong oleh orang-orang sekitar. Malangnya sang Ibu dan anak tak bernasib seperti suaminya. Mereka tewas karena terombang-ambing ombak dan menghantam batu karang di bibir pantai.

4. Pada Juli 2014, seorang pemuda berusia 21 tahun asal Mexico ingin terlihat keren dengan mengambil foto selfie dengan pistol yang ditodongkan ke kepalanya sendiri. Sayangnya karena sedang mabuk setelah berpesta miras, ia tak sengaja menarik pelatuknya dan pistol tersebut meledak tepat di kepalanya. Oscar Otero Aguilar pun tewas seketika.

5. Dua orang pelajar SMKN 13 Malang berusia 17 tahun ditemukan tewas di lokasi Air Terjun Baung. Setelah diselidiki, mereka sedang merayakan ulang tahun dan pergi ke air terjun tersebut, saat tengah asyik berfoto di atas air terjun, Reza terpeleset dan Syarif sempat menahan tangannya, namun karena bebannya sangat berat dan tak kuasa menahan, Syarif pun ikut terjatuh dan tenggelam di arus sungai Baung.

6. Pada tahun 2012, seorang bintang pop Mexico, Jenny Rivera berselfie ria di pesawat jet pribadi bersama beberapa orang teman-temannya sesaat sebelum jet tersebut terbang. Namun malang pesawat jet tersebut mengalami kecelakaan dan tidak ada satupun yang berhasil selamat.

7. Masih ingat pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina beberapa waktu lalu? Salah seorang penumpang, Gary Slok sempat melakukan selfie bersama ibunya sebelum pesawat tersebut lepas landas. Namun sayang, ketika pesawat tersebut ditembak jatuh tak ada satupun korban yang selamat.

8. Tahun 2014 lalu, Courtney Stanford mengunggah sebuah foto yang menunjukkan ekspresinya saat mendengar lagu Pharel Williams yang berjudul Happy. Ia juga menuliskan di akun Facebooknya, “The Happy song makes me HAPPY.” Foto tersebut diambil dan diunggah saat ia sedang mengendarai mobilnya menuju Carolina Utara tepat sesaat sebelum Courtney bertabrakan dengan sebuah bus besar dan tak selamat.

9. Jadiel merupakan seorang musisi Reggaton di Mexico. Ia sempat mengunggah foto selfienya ke akun instagramnya dengan pose ingin berkendara lengkap dengan helm dan masker. Namun kemudian ia tewas dalam sebuah kecelakaan yang sangat fatal.

10. Sepasang suami isteri asal Polandia berselfie ria di atas tebing di pinggir pantai namun keduanya terjatuh dan tewas seketika, tragisnya anak merekalah yang memotretnya dan menyaksikan kedua orang tuanya terjatuh dan tewas seketika.

Nah, tadi itu 10 Selfie Yang Berujung Maut. Sebetulnya selfie itu tidak dilarang tapi kalian juga harus memerhatikan aspek keselamatan selama berselfie ria. Jangan hanya karena ingin pamer ke teman-teman dengan pose dan latar belakang yang keren malah jadi petaka kemudian karena melalaikan keselamatan diri sendiri.

Related Posts