10 Tipe Kecanduan Media Sosial

ilustrasi-artikel-candu-sosmed

Hai Politwika readers, social media lovers! Ngobrol-ngobrol kalau kalian suka sama konten-kontennya Politwika udah dipastiin kalian pasti pecandu sosial media nih. Tapi pernah gak sih kalian mikir, “Kira-kira gue tipe pecandu sosmed kayak apa ya?”. Ternyata ada nih 10 tipe pecandu sosial media menurut rohitbhargava.com. Penasaran kan? Yuk mari di simak penjelasannya di bawah ini.

  1. The Alert-Lover

Kebiasaan yang gampang diidentifikasi sebagai ‘The Alert-Lover’ adalah penderitanya selalu menyetel bunyi notifikasi di setiap aplikasi sosial media di ponselnya. Setiap kali ponselnya berbunyi, entah dari notifikasi retweets, mention, comment, dan lainnya, mereka akan secara aktif beralih dari pekerjaan yang sedang dilakukannya saat itu hanya untuk mengecek ‘ada apa’ yang terjadi di sosial medianya.

  1. The Social Guru

Pecandu dengan tipe ini mengklaim dirinya sebagai ‘The Social Guru’ tak peduli kata orang. Mereka merasa menjadi pusat perhatian semesta dan mnegetahui segala hal. Well, ya hari gini siapa sih yang ga bisa klaim kalo dirinya professional ini atau professional itu dan pastinya yang akan mereka lakukan adalah The Art of Automation (Auto direct message, Auto retweet, dll).

  1. The Verb Creator

Kebiasaan The Verb Creator adalah mengubah semua situs sosial media menjadi kata kerja. Dan pecandunya akan secara otomatis mengganti kalimat-kalimat dalam percakapan seperti, “Duh, ini harus banget gue Instagramin” atau “Gue nge-Path dulu ya.” Pada akhirnya akan melahirkan peradaban baru dengan bahasa yang hanya dimengerti oleh sebagian orang saja.

  1. The Vowel Hater

Pecandu yang satu ini agak ngeganggu banget sih karena ia akan menyingkirkan segala macam bentuk huruf vokal yang memungkinkan di setiap postingannya di Twitter misalnya. Twitter hanya memiliki 140 karakter, ia mencoba segala cara agar idenya tetap tertuang walau terbatas 140 karakter. Kebiasaan seperti ini bukan cuma mengacaukan ejaan dan gramatikal yang layak, lebih dari itu kebiasaan ini lambat laun akan menjalar ke cara kalian berkomunikasi dengan orang lain, melalui e-mail atau blog post misalnya.

  1. The Blog Referencer

Setiap kali ada kawan sosial mediamu yang bertanya akan suatu hal, pecandu tipe ini tidak menjawab langsung dengan jawaban yang jelas melainkan, “Coba deh elo baca blog post gue yang ini (menyertakan link).” Lama-kelamaan orang juga akan jengah karena setiap kali bertanya disuguhkan dengan referensi blog, mending kalau blog official dari yang ahlinya kalau malah disuguhkan blog random pribadinya yang kebetulan membahas itu hanya untuk menambahkan hits-nya?

  1. The Self-Proclaimed Influencer

Pecandu yang satu ini bakalan rajin banget nge-check seberapa tinggikah pengaruhnya di hampir setiap situs social-scoring yang tersedia. Influencer sejati itu akan fokus kepada menyajikan konten-konten bermanfaat untuk orang lain. Semakin sering kalian nge-check pengaruh kalian, semakin sedikit pengaruh yang akan kalian dapatkan.

  1. The Multi Mayor

Setiap kali mengemudi atau berkunjung kemanapun, pecandu tipe ini akan menyempatkan waktu untuk check-in, karena hal ini juga pecandu ini biasanya mendapatkan gelar Mayor, Duke & King atas setidaknya 10 pencapaian berbeda. Dengan segala disiplin dan energi yang The Multi Mayor keluarkan untuk check-in di lokal coffee shop, SPBU, rumah sakit, pusat perbelanjaan, pada akhirnya mereka tidak memiliki kapasitas mental untuk melakukan segala yang mereka perlukan untuk hidup secara layak sebagai ‘manusia’.

  1. The Liker

Kalau yang satu ini biasanya akan berbaik hati untuk memberikan ‘like’ di setiap postingan kawan ketimbang memberikan komen singkat. Nah karena sekedar nge-like doang foto anaknya kawan yang baru lahir, hal ini dapat membawamu ke dalam level pertemanan yang memprihatinkan. Padahal kata-kata atau komen “Cantik, ya” yang menghabiskan lebih 2 detik dari sekedar like bisa membawa aura simpati yang lebih friendly loh.

  1. The Constant Checker

Pecandu yang satu ini cukup berbahaya, pasalnya ia tak segan-segan mengecek ponselnya setiap dua menit sekali, tak peduli di manapun ia berada atau sedang ditemani/bersama siapa ia saat ini, hanya untuk gimana perkembangan di Instagram, Twitter atau update status di Facebook. Akibatnya, teman-temanmu tak akan tahan berlama-lama hangout denganmu, lebih parah kamu pasti sering kena tilang karena menyetir sambil ngecek semua sosmed di ponselmu.

  1. The FreakOut-er

Nah tipe pecandu sosial media yang terakhir ini udah sering banget nih kita temui sehari-harinya. Jujur aja deh, siapa sih yang sering ngeliat orang kesel cuma karena situs sosial media kesayangannya lagi down? Misalkan kalian anak Twitter yang sering ngetweet dari pagi sampai malam menjelang, tiba-tiba Twitter down dan gak bisa dibuka, seberapa paniknya kalian menghadapi hal tersebut? Hehehe.

Nah, setelah tau 10 Tipe Pecandu Sosial Media seperti yang dijelaskan di atas, udah tau kira-kira kamu masuk dalam tipe pecandu sosmed yang mana?

Related Posts