10 Tipe Pengguna Media Sosial

10 Tipe Pengguna Sosial Media
10 Tipe Pengguna Sosial Media

Hai, Politwika readers! Ada yang seru nih yang bakal kita bahas hari ini khusus untuk kalian para pecinta sosial media. Kalian pastinya udah khatam dong sama yang namanya sosial media, dari mulai Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi kalian tau gak sih termasuk dalam tipe apa kalian dalam menggunakan sosial media? Karena setiap orang kan pasti punya karakter dalam sosial media yang berbeda. Memahami karakter kalian dalam sosial media juga dapat membantu kalian untuk lebih mengenal para pengguna sosmed berdasarkan karakter dan kepribadiannya loh. Nah di bawah ini akan kita bahas 10 tipe pengguna sosial media.

  1. Pendengar

Tipe ini termasuk pengguna sosial media yang aktif, namun mereka selalu menjaga agar tak terlalu mencolok, maka mereka akan lebih memilih untuk ‘terbang di bawah radar’. Bisa saja mereka me’like’ postingan anda di Facebook atau klik tombol favorite anda di Twitter, tapi jangan berharap mereka akan share post tersebut agar seisi Facebook dan Twitter mengetahui post anda.

  1. Si Aktivis

Yang namanya aktivis, pasti menginginkan agar suaranya didengar agar dapat membuat perubahan yang berarti. Nah, dalam sosial media, tipe seperti ini amat menyadari kekuatan media sosial dalam menggerakan kekuatan akan suatu isu maka tipe seperti ini akan gencar menyuarakan opininya hingga melihat perubahan yang berarti.

  1. Si Spammer

Ini adalah contoh tipe pengguna yang ‘annoying’. Tipe seperti ini senang sekali mengatakan ‘cheesypost-nya sebagai konten yang sangat berkualitas, dan tidak segan-segan mengirimkan inbox mengenai promosi-promosi yang mengganggu hanya karena kalian berteman di Facebook atau Twitter.

  1. Si Passionista

Tipe pengguna yang satu ini akan membuat timeline sosial media anda berwarna. Ia mengerjakan sesuatu sesuai passion dan dengan berbaik hati membagikannya secara online. Nah, tipe-tipe seperti inilah yang secara aktif meluangkan waktu senggangnya untuk mengeksplor passionnya untuk berbagi ilmu dengan khalayak banyak.

  1. Si Kupu-kupu Sosial

Si Tipe yang satu ini tidak akan pernah berhenti menunjukkan bahwa dunia ini sangatlah sempit. Buktinya? Ia akan ditag oleh beberapa orang yang ternyata memang kalian kenal atau sekedar pernah bertemu. Mau tau seberapa populernya mereka? Cek aja langsung ke timeline atau wall mereka.

  1. Si Provokator

Ini nih tipe pengguna yang suka bikin panas sana-sini. Kerjaannya cuma cari gara-gara. Bahkan masalah yang dicari kadang gak relevan dengan topik dan isu yang berkembang. Daripada capek-capek ngeladenin ya mending sih di’block’ aja.

  1. Si Guru

Tipe yang satu ini sih sebetulnya gak jauh berbeda dengan tipe Passionista yang suka share sama tentang hal-hal yang mereka sukai bedanya tipe guru ini lebih intens untuk share pengetahuan yang jarang publik ketahui. Mereka paham sekali konten yang sangat berkualitas dan membaginya setiap hari seperti bernapas saja.

  1. Si Early Adopter

Jarang sekali ada orang yang bisa masuk kategori pengguna Early Adopter ini. Minimal banget mereka harus punya keahlian khusus semacam peramal sosial media. Sosial media baru muncul yang bahkan kita baru ketahui selama setahun kedepan, mereka telah terlebih dahulu memakainya.

  1. Si Pengontak

Tipe pengguna sosial media yang satu ini melihat sosial media sebagai dewa. Mereka bisa melakukan apa saja lewat sosial media termasuk mengontak/berkomunikasi dengan semua orang. Mereka berpikir untuk apa mengotori atau memenuhi kontak di telepon selular mereka jika semuanya bisa dilakukan melalui sosial media?

  1. Si Pecinta Keluarga

Sebetulnya tipe yang satu ini gak terlalu ‘melek’ dengan teknologi. Namun mereka masih memaintain untuk menggunakan sosial media hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga tercinta. Saat mereka terpisah ribuan jarak misalnya, sosial media adalah penghubung mereka dengan keluarga untuk menghilangkan rindu yang melanda.

Nah, setelah tau 10 tipe pengguna media sosial di atas. Kalian masuk tipe yang mana ya?

Related Posts