10 Tips Aman Cyber Dating

Dangers Of Online Dating

Setelah sebelumnya saya tulis soal “Bahaya Cyber Dating” (Baca : http://politwika.com/bahaya-cyber-dating/ ) kini saatnya membahas Tips supaya aman ber-Cyber Dating ria. Simak ya Tips-tips di bawah ini :

  1. Lindungi Identitas Pribadi – Isilah profile di situs Kencan Online seperlunya untuk menghindari kejahatan privasi, seperti foto yang dicuri, alamat yang rawan dijadikan sasaran untuk tindak kejahatan atau perampokan.
  2. Waspadai Lawan Bicara Anda – Usahakan untuk selalu ajak lawan bicara anda melalui video conversation atau webcam demi menghindari penyembunyian identitas, dari situ anda dapat mengetahui apakah foto yang dia pakai sesuai dengan wajah aslinya atau tidak.
  3. Reputasi Website – Hal ini sangat penting untuk dijadikan pertimbangan. Sama halnya dengan memilih toko online, pemilihan reputasi situs Cyber Dating juga dibutuhkan untuk mengurangi resiko penipuan, meski tidak dapat dijadikan jaminan.
  4. Lindungi Ponsel Anda – Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebaiknya anda lindungi ponsel atau komputer anda dengan software pengaman untuk menghindari pencurian data pribadi yang anda simpan pada device tersebut.
  5. Jangan Kirim Gambar Seronok – Pastikan betul dengan siapa anda berkomunikasi dan jangan pernah memberikan foto apapun meski mereka memaksa, anda tidak tahu untuk apa foto anda digunakan kemudian.
  6. Menyimpan Bukti Percakapan – Sebaiknya selalu simpan histori interaksi mulai dari percakapan, video atau foto yang telah anda dan pasangan share sebagai bukti jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  7. Blokir – Jangan pernah ragu untuk memblokir orang-orang tertentu yang dianggap terlalu mengganggu anda.
  8. Cek & Ricek – Sempatkan diri anda untuk mengecek data pribadi lawan bicara anda melalui internet, hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset nama dan institusi melalui laman Google.
  9. No Money – Jangan mudah terbujuk lawan bicara anda jika mereka meminta uang dengan alasan apapun. Ingat, tidak memberikan uang tidak akan pernah menjadi patokan bahwa kita tidak memiliki uang, demi keamanan dan kenyamanan bersama.
  10. Lokasi Publik – Jangan pernah memutuskan untuk bertemu untuk tatap muka di tempat pribadi melainkan di tempat publik dan jangan pergi sendirian, minimal anda bisa membawa teman yang memantau dari kejauhan.

Demikian 10 Tips Aman untuk Cyber Dating, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian pencari cinta online dan utamakan keamanan untuk berseluncur di Internet. Salam.

Related Posts