10 Trik Agar Kicauanmu Retweetable

retweetableTwitter banyak dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi. Namun agar informasi tersebut tersebar lebih luas tentu tweet yang kita buat harus retweet-able. Retweet-able adalah suatu istilah yang banyak digunakan untuk menandakan suatu tweet layak untuk di-retweet. Terus bagaimana caranya agar tweet kita banyak di-retweet?

1. Pilih Username
Gunakan username yang menggambarkan diri kamu, karena itu adalah identitas utama. Jika Twitter digunakan untuk bisnis online shop kamu, pilihlah nama yang sesuai dengan barang yang kamu jual. Hal itu untuk memudahkan orang lain untuk mencari akun kamu.

2. Perbanyak Followers
Semakin banyak followers akun twitter kamu, maka semakin besar peluang tweet kamu untuk di-retweet. Jika akun kamu belum memiliki banyak followers, cobalah untuk memperbanyaknya. Baca caranya di sini.

3. Isi Tweet Informatif
Buatlah tweet yang informatif. Selain itu, cobalah untuk berinteraksi dengan pengguna Twitter lainnya. Hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas. Kredibilitas yang baik membuat orang lebih percaya untuk me-retweet dari akun kamu.

4. Gunakan Hastags (#)
Setiap membahas suatu topik tertentu, sertakan hastag (#) di akhir tweet. Penggunaan tersebut akan memudahkan orang lain untuk membaca ulang tweets tersebut. Tapi sebaiknya hanya gunakan satu atau dua hastag jika tidak ingin disebut spammers.

5. Perhatikan Peak Hours
Posting tweets kamu di waktu yang tepat agar banyak dibaca, sehingga peluang di-retweet semakin besar. Berdasarkan hasil penelitian, pukul 12 siang hingga pukul 1 siang dan pukul 7 malam hingga pukul 9 malam adalah waktu yang paling sering digunakan orang untuk mengakses internet.

6. Gunakan Kata-Kata Catchy
Dalam menyampaikan informasi dalam tweets kamu, gunakan kata yang catchy untuk menarik perhatian orang. Kamu juga bisa menggunakan frase agar lebih menarik. Tapi ingat, jangan terlalu lebay dalam menggunakannya.

7. Bantu Retweet
Sesekali, buatlah tweet yang secara langsung meminta followers kamu untuk me-retweet-nya. Ingat, sesekali saja. Terlalu sering justru akan sangat mengganggu. Mintalah bantuan untuk me-retweet informasi yang penting. Misalnya informasi kehilangan.

8. Beri Hadiah
Berilah hadiah kecil untuk followers kamu sebagai tanda terimakasih kamu kepada mereka yang masih bersedia menjadi followers-mu. Buat saja kuis kecil-kecilan.

9. Manfaatkan Twitter Cards
Twitter punya fitur Twitter Cards. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menampilkan informasi lebih dari 140 karakter serta mampu menggabungkan link, judul dan gambar sekaligus. Twitter Cards akan membuat tweets kamu lebih menarik sehingga membuka peluang untuk lebih banyak di-retweets.

10. Sertakan Gambar
Tambahkan gambar yang menjelaskan isi tweet kamu agar followers dapat lebih paham dan tertarik untuk me-retweet. Sebaiknya upload gambar langsung menggunakan Twiitter agar lebih mudah membukanya.

Related Posts