11 Jenis Domain .ID dan Perbedaannya

Domain, mungkin ada yang sudah tau bahkan mengenal apa pengertian dari kata tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), domain adalah wilayah, atau daerah, atau ranah.

Menurut Wikipedia, domain merujuk pada nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau email server di internet. Fungsi domain sendiri adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server dan mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal alamat IP.

Awalnya, nama domain hanya dituliskan dengan 26 abjad Latin. Namun seiring perkembangan zaman, kini berkembang domain dengan nama domain Internasional. Indonesia juga merupakan salah satu negara pemilik nama domain tersendiri (.id).

Ada sekitar 11 domain .id yang eksis di Indonesia dan sering dipakai hingga kini. Berikut ini adalah 11 domain tersebut, perbedaannya, serta cara mendaftarkannya.

1. ID

Domain .id merupakan domain yang paling populer di Indonesia. Domain ini dikelola oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Indonesia sejak 1 September 2005. Cara mendaftarkan domain .id adalah cukup melampirkan salinan KTP Indonesia untuk individu dan ditambah dengan dokumen legalitas untuk pengguna institusi.

Domain .id dapat digunakan oleh setiap individu maupun organisasi. Contoh website yang menggunakan doamin .id adalah pandi.id yang mengelola nama domain internet di Indonesia.

2. CO.ID

Domain co.id merupakan nama domain untuk perusahaan yang telah memiliki legalitas sebagai badan hukum. Untuk mendaftarkan domain co.id perlu salinan KTP Indonesia dan dokumen legalitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk nama domain yang terkait dengan merek, diperlukan surat bukti kepemilikan merek. Contoh website yang menggunakan domain ini adalah website salah satu klub sepak bola tersukses di Indonesia, Persib.co.id, dan website penyedia permainan, games.co.id.

3. BIZ.ID

Domain biz.id merupakan domain yang diciptakan untuk bisnis ataupun usaha, baik yang sudah maupun belum memiliki legalitas sebagai badan hukum. Nama domain biz.id diutamakan untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Untuk mendaftarkan domain ini diperlukan salinan KTP Indonesia dan NPWP pribadi atau perusahaan. Contoh website yang menggunakan domain biz.id adalah salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang asuransi dan peminjaman, ar*mes.biz.id.

4. WEB.ID

Domain web.id dapat digunakan oleh indovidu atau institusi apapun di Indonesia. Untuk mendaftarkan domain ini diperlukan salinan KTP Indonesia saja. Contoh website dengan domain web.id adalah pusat informasi lowongan kerja di Indonesia, loker*indo.web.id.

5. MY.ID

Domain my.id merupakan domain khusus untuk pengguna individu. Untuk mendaftarkan domain ini hanya diperlukan salinan KTP Indonesia. Contoh website dengan domain my.id adalah pengalaman salah satu pengguna internet yang memiliki hobi di bidang teknologi, otomotif, gadget dan membagikan pengalamannya dalam website ca*ra.my.id.

6. OR.ID

Domain or.id adalah domain untuk organsasi atau kegiatan-kegiatan organisasi. Untuk mendaftar doamin ini diperlukan salinan KTP Indonesia dan dokumen legalitas. Namun bagi organisasi yang belum berbadan hukum dapat menggunakan SK internal organisasi sebagai pengganti dokumen legalitas. Contoh website dengan domain or.id adalah Ikatan Pilot Indonesia, ip*i.or.id.

7. AC.ID

Domain ac.id merupakan nama domain untuk perguruan tinggi yang terdaftar di Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementrian Agama, atau kementrian lain yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan izin pendidikan setingkat perguruan tinggi.

Untuk mendaftarkan domain ini diperlukan salinan KTP Indonesia dan dokumen legalitas berupa SK Kementrian terkait Pendirian Lembaga, SK Rektor, dan surat kuasa pimpinan lembaga. Banyak contoh website yang menggunakan domain ini, seperti ui.ac.id, ut.ac.id. unpad.ac.id, dll.

8. SCH.ID

Domain sch.id merupakan domain lembaga pendidikan formal dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) atau pendidikan non-formal yang disahkan oleh SKPD di wilayahnya masing-masing.

Cara mendaftarkan diperlukan KTP Indonesia, surat permohonan Kepala Sekolah atau Pimpinan Lembaga, dan surat kuasa. Contoh website dengan domain sch.id adalah situs resmi SMA Negeri 86 Jakarta, sman86*jkt.sch.id.

9. NET.ID

Domain net.id merupakan domain khusus untuk perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan internet. Untuk mendaftarkannya diperlukan salinan KTP Indonesia dan Surat Izin Usaha Telekomunikasi (ISP, Telco, Seluler, VSAT). Contoh website dengan domain ini adalah in*do.net.id yang merupakan penyedia jasa akses internet di Jakarta.

10. GO.ID dan DESA.ID

Domain go.id dan desa.id merupakan domain khusus bagi instansi atau lembaga pemerintah sipil dan desa. Syarat untuk mendaftarkan domain ini adalah dengan mengunjungi domain.go.id yang dikelola langsung oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi. Contoh website dengan domain ini adalah Bank Indonesia (bi.go.id) dan website resmi Desa Melung, Kecamatan Kedung Banteng, Banyumas (melung.desa.id).

11. MIL.ID

Domain mil.id adalah domain khusus Tentara Nasional Indonesia (TNI). Untuk mendaftarkan domain ini, diperlukan salinan KTP Indonesia dan surat permohonan dari pimpinan instansi militer yang mengajukan, dan surat kuasa. Contoh website dengan domain ini adalah tniad.mil.id, kopassus.mil.id, tnial.mil.id, dll.

Related Posts