3 Cara Mudah Kenali Tagar Asli

hashtagSepertinya sudah banyak yang tahu tentang jasa pembuatan trending topic yah? Kita juga pernah membahas tentang jasa pembuatan trending topic di sini. Trending topic sendiri merupakan kumpulan topik yang paling banyak dibicarakan di twitter, biasanya setiap topik ditandai dengan hashtag atau tagar. Tagar merupakan suatu kata yang dianggap dapat mewakili topik tertentu dan diawali dengan tanda pagar (#).

Selain menggunakan jasa pembuatan trending topic, beberapa orang juga sering kali memaksakan suatu tagar agar menjadi sebuah trending topic. Namun ada pula tagar yang tanpa dipaksakan dapat menjadi trending topic.

Menurut Nukman Luthfie kita bisa membedakan dengan mudah mana tagar yang murni dan tagar yang dipaksakan untuk menjadi trending topic, baik menggunakan jasa pembuatan trending topic atau tidak. Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan.

1. Jumlah User
Kalau tagar tersebut tidak dipaksakan untuk menjadi trending topic biasanya jumlah user yang menggunakan tagar tersebut banyak. Sedangkan jika dipaksakan menjadi trending topic biasanya hanya sedikit user yang menggunakan tagar tersebut.

2. Keberagaman Opini
Ini berkaitan dengan jumlah user yang ikut menggunakan suatu tagar. Bila jumlah user-nya banyak tentu akan menimbulkan opini yang beraneka ragam. Begitu pula bila jumlah user yang menggunakan suatu tagar hanya sedikit maka opini yang terbentuk akan cenderung sama. Bahkan terkadang isi tweet dan tagar yang digunakan tidak berkesinambungan.

3. Pergerakan Grafik
Selain dua hal di atas, kita juga bisa memperhatikan pergerakan dari grafik suatu tagar. Jika pergerakan grafiknya naik secara perlahan dan turun secara perlahan biasanya tagar tersebut tidak dipaksakan untuk menjadi trending topic. Berbeda dengan tagar yang dipaksakan untuk menjadi trending topic, pergerakan grafikannya akan cenderung cepat naik dan cepat sekali turun lalu menghilang. Pergerakan grafik ini dapat dilihat dengan bantuan hash tracking yang banyak tersebar di internet.

Ketiga hal tersebut perlu diperhatikan dan dianalisis untuk menentukan apakah suatu tagar tersebut secara murni menjadi trending topic atau karena dipaksakan. Sehingga kita tidak tertipu dengan banyaknya tagar yang silih berganti di trending topic. Goodluck!

Related Posts