3 Fakta Tren Belanja Konsumen e-Commerce Indonesia saat Pandemi

Sirclo, sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang e-commerce, merilis hasil survei terkait perkembangan belanja online menggunakan e-commerce saat pandemi Covid-19, Kamis (4/11). Sirclo merilis hasil survei ini dengan judul “Navigating Indonesia’s E-Commerce: Covid-19 Impact and The Rise of Social Commerce”.

Start up asal Indonesia ini mengikutsertakan 2.987 responden pada Juni 2020 yang melakukan praktik jual-beli daring melalui aplikasi percakapan dan media sosial. Hasilnya, pandemi justru membuat industri e-commerce tumbuh meroket di Indonesia.

Bahkan industri e-commerce diprediksikan tumbuh hingga 91%. Padahal sebelumnya pertumbuhan industri e-commerce diprediksikan hanya sebesar 54%.

Menurut CEO Sirclo, Brian Marshal, hal tersebut tidak terlepas dari infrastruktur ekonomi digital Indonesia yang telah siap untuk melaju ke tahap berikutnya, terutama dengan tingginya kepemilikan smartphone dan penggunaan internet di masyarakat.

Lebih lanjut, Sirclo melaporkan dampak pandemi Covid-19 terhadap perilaku konsumen dan perkembangan e-commerce Indonesia. Diperkirakan ada 12 juta pengguna e-commerce baru sejak pandemi dan 40% di antaranya mengatakan untuk terus memakai e-commerce bahkan setelah pandemi berakhir. Padahal jika kondisi normal, kenaikan jumlah pengguna sebanyak 40% bisa tercapai dalam kurun waktu 1,5-2 tahun.

Kedua, Sirclo melaporkan adanya pergeseran metode pembayaran belanja daring. Terungkap bahwa penggunaan dompet digital atau e-wallet untuk pembayaran transaksi e-commerce meningkat sebesar 11% selama pandemi. Sementara itu, metode kartu kredit dan transfer bank turun, masing-masing 10% dan 2%.

Ketiga, tren social commerce akan terus tumbuh dan menyumbang 40% dari total transaksi e-commerce di 2022. Hal tersebut tidak terlepas dari 94% responden yang mengaku bahwa transaksi berbasis chat, misalnya Whatsapp, Facebook, bahkan Instagram, sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Para konsumen, khususnya Indonesia, sangat tertarik untuk membeli produk jika penjual memberikan respons cepat pada pesan/pertanyaan mereka.

Related Posts