3 Tips Agar Terhindar dari Try Out Online Kaleng-kaleng

Beberapa hari ini warganet dihebohkan dengan Try Out Nasional CPNS 2019 yang diunggah oleh akun Instagram cpnsindonesia.id. Bagaimana tidak, coba kita perhatikan syarat mengikuti try out  yang ditulis pada kolom caption.

Sumber: Tangkapan Layart

Cara pendaftaran persis seperti akun yang sedang mencari pengikut dengan cara membuka giveaway. Meski masih belum dipastikan kebenarannya tapi syarat yang diberikan langsung menuai pro-kontra.

Beberapa netizen yang mencoba mengikuti pun merasa ada yang janggal ketika mereka diharuskan mengisi google form yang meminta data pribadi terlalu banyak seperti nama asli, asal wilayah, jurusan, asal kampus, nama akun media sosial, dll. Mengingat tengah banyak terjadi jual-beli data pribadi maka banyak yang urung ikut try out tersebut.

Keanehan lain juga pada nomor perdaftaran yang didapat peserta online. Seperti yang dilansir dari makassar.tribunnews.com, beberapa orang yang mencoba mendaftar mendapat kode pendaftaran yang sama. Sedangkan kode pendaftaran adalah indentitas yang akan digunakan untuk mengikuti  try out.

Meski demikian, masih banyak juga yang mengikuti try out online tersebut (meski sulit dipastikan kebenarannya), sebab pendaftaran telah ditutup. Kita hanya dapat menunggu tanggal 29 Juni 2019 pukul 7 malam kelak untuk memastikan try out akan benar-benar dilaksanakan.

Sumber: Tangkapan Layar

Dilansir oleh tempo.co Badan Kepegawaian Negara (BKN) turut buka suara terkait hal tersebut melalui akun twitternya @BKNgoid.

Sumber: Tangkapan Layar

Belajar dari kasus tersebut, terlepas benar atau tidak, sebaiknya ikuti tips berikut:

  1. Ikuti try out resmi yang diadakan suatu lembaga tertentu saja. Jika memungkinkan yang diadakan langsung oleh BKN. Pantau terus infonya di akun resmi @BKNgoid.
  2. Banyak buku-buku try out CPNS yang menyediakan CD simulasi. Hal tersebut dapat menjadi pilihan yang paling aman bagi kalian yang ingin belajar.
  3. Meski banyak kasus penipuan, bukan jadi alasan untuk tidak mencoba try out online yang tidak bekerja sama dengan BKN. Namun, jangan mudah memberikan data diri secara online jika tidak ingin data kalian diperjual-belikan dan kalian setiap hari harus menerima telepon atau sms yang menawarkan diskon atau pemakaian kartu kredit.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang bagaikan Indonesian dreams. Proses penyaringannya memang sulit, tapi kita tidak boleh menggunakan cara-cara pintas jika tidak ingin terjebak sama yang kaleng-kaleng. Semangat berjuang buat para pejuang CPNS!***