4 Gerakan Sosial yang Memaksimalkan Medsos

Gersos

Peristiwa penutupan rumah makan ketika siang hari di bulan Ramadan beberapa hari lalu menuai pro dan kontra di media sosial. Orang-orang yang tidak setuju dengan penutupan pun melakukan berbagai langkah salah satunya adalah penggalangan donasi yang dilakukan @dwikaputra. Tidak butuh waktu lama, cukup dengan penggunaan media sosial, donasi terkumpul mencapai ratusan juta.

Menariknya lagi, media sosial dan internet menjadi sarana yang pas dan paling maksimal saat ini untuk melakukan gerakan sosial seperti itu. Hal inilah yang memunculkan banyak platform-platform gerakan sosial yang bergerilya di media sosial dan internet. Kira-kira apa saja platform gerakan-gerakan tersebut? Simak penjabaran kami berikut ini:

[custom_heading center=”false”]1. akademiberbagi.org[/custom_heading]

Sebuah gerakan sosial yang bergerak di bidang pendidikan ini memiliki kegiatan yang sangat beragam. Tujuan mereka adalah untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung para pesertanya. Sekarang, AkademiBerbagi sudah berkembang dan tersebar di berbagai kota di Indonesia.

[custom_heading center=”false”]2. sedekahrombongan.com[/custom_heading]

Tujuan gerakan ini sangat sederhana yaitu menyadarkan masyarakat akan artinya bersedekah. Hasil sedekah dari banyak orang atau rombongan ini akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Hasilnya, sudah banyak orang-orang yang kekurangan mendapatkan manfaat dari mereka.

[custom_heading center=”false”]3. @bukuntukpapua[/custom_heading]

Gerakan yang memperhatikan rakyat Papua ini patut diacungi jempol. Berawal dari keinginan membuat rumah baca di Papua oleh Longginus Pekei, BUP pun terbentuk dan menggencarkan gerakannya di media sosial. Hingga sekarang, gerakan ini masih terus berjalan hingga masyarakat Papua mendapatkan hak yang sama di dunia literasi ini.

[custom_heading center=”false”]4. kitabisa.com[/custom_heading]

Platform gerakan sosial yang berusia muda ini sudah mengambil hati banyak orang. Tujuan mereka yang ingin menjadi wadah donasi digital terbesar di Indonesia ini perlahan semakin menunjukkan eksistensinya. Mereka pun ikut ambil bagian dalam kasus ibu Saeni yang warungnya ditutup beberapa hari lalu.

Keempat platform tersebut adalah sebagian kecil dari banyak gerakan sosial yang bergerilya di media sosial. Dari keempat gerakan tersebut, tentunya harus menginspirasi kamu untuk berbuat kebaikan. Lebih baik lagi, kamu juga tergerak untuk membuat hal yang sama karena sebuah kebaikan akan menginspirasi kebaikan lainnya.

Related Posts