4 Langkah Terhindar dari Kasus Heboh Kemal Palevi

4 langkah terhindar dari kasus kemal pahlevi

Kemal Pahlevi, seorang stand up comedy-an yang juga sekaligus seorang Youtubers. Namanya mulai melambung setelah mengikuti salah satu ajang stand up comedy di TV swasta Indonesia. Kemal Pahlevi juga beberapa kali menjadi bintang film dan bahkan menjadi sutradara. Tapi sejak semalam, nama Kemal muncul bukan untuk disanjung tetapi dihujat.

Hujatan terhadap Kemal tidak berlangsung sebentar, hingga tadi pagi pun dia masih dihujat sampai menjadi trending topic Twitter. Semua berawal dari dia meng-upload video berjudul “Nanya Ukuran BH #IsengnyaKemal”. Mungkin maksudnya adalah melawak, tetapi ada saat dia menanyakan ukuran BH kepada seorang anak berumur 14 tahun. Hal ini yang dipermasalahkan oleh netizen. Kelakuan Kemal di video tersebut dianggap tidak pantas.

Terlepas dari pro dan kontra, apa yang harus kita lakukan agar tidak menjadi korban bully seperti Kemal? Tentu ada beberapa peraturan tertulis atau tidak dalam membuat video. Berikut kami coba uraikan:

  1. Pelajari Aturan dari Youtube

Youtube telah membuat batasan-batasan dalam sebuah video. Seperti kamu tidak boleh meng-upload video berbau porno, kekerasan, ujaran kebencian atau pelecehan. Aturan ini dibuat untuk kenyamanan para pengguna Youtube. Jadi kamu harus patuh pada peraturan ini.

  1. Hormati Pengguna Youtube Lain

Kamu tidak membuat video Youtube untuk diri kamu sendiri. Ada banyak pengguna di sana yang kamu harus hormati. Apalagi jika kamu adalah Youtubers baru. Hormati mereka dengan konten yang baik.

  1. Lakukan Swa-Sensor

Sebelum kamu meng-upload sebuah video, bahkan sebelum membuat video. Kamu harus melakukan sensor terhadap ide tersebut. Berikan pertanyaan-pertanyaan seperti apakah video kamu layak untuk masyarakat umum? Apakah video kamu dapat menginspirasi atau pertanyaan lainnya

  1. Mintalah Review Sebelum Diupload

Setelah kamu membuat sebuah video ada baiknya kamu meminta orang terdekat untuk melihat dan memberi review. Manfaatnya adalah kamu bisa memperbaiki jika ada yang kurang atau membatalkan upload video jika tidak pantas. Lebih baik dibully orang terdekat dari pada orang banyak bukan?

Keempat langkah di atas adalah langkah umum yang bisa kamu ikuti di dunia Youtubers. Kami tahu bahwa kamu bebas berekspresi tetapi jangan sampai kebebasan itu membuat kamu merugi. Yuk, bikin video dengan konten yang baik!

Related Posts