4 Situs Gratis untuk Membuat Komik saat Swakarantina

Siapa sih yang nggak tahu komik? Menurut Wikipedia, komik adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya. Komik juga sering mengambil bentuk urutan panel yang disandingkan.

Di Indonesia, adanya komik sudah ada seiring banyak ditemukannya naskah Jawa dan Bali di abad ke-18. Di era modern, komik biasanya dimuat di surat kabar dan majalah sejak 1930-an. Komik dalam bentuk buku baru ada sekitar tahun 1950-an.

Semakin ke sini, perkembangan komik semakin pesat. Dari yang hanya dimuat di surat kabar atau majalah, hingga berhasil dibukukan, kini seiring adanya internet membuat komik bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja.

Membuat komik pun kini bisa dengan mudah dilakukan lewat internet, terlebih saat swakarantina sepert ini. Untuk kalian yang hobi menggambar dan ingin mengusir kejenuhan di saat physical distancing seperti ini, kalian bisa coba membuat komik dengan 4 situs gratis yang akan kami bagikan.

  1. MakeBeliefsComix

MakeBeliefsComix memungkinkan kalian untuk membuat komik strip dengan mudah, bahkan untuk anak-anak sekali pun. Di situs ini, kalian bisa memilih 25 karakteristik yang ada dan bisa membuat dua hingga empat panel komik.

  1. Pixton

Lewat Pixton, kalian bisa melakukan kustomisasi dengan gambar yang sudah ada, seperti menyesuaikan kerah, bentuk lengan, mata, telinga, dll.

  1. ToonDoo

Situs gratis ketiga yang memungkinkan kalian untuk membuat komik adalah ToonDoo. Lewat ToonDoo, kita juga bisa menyeimbangkan antara fleksibilitas kreatif dengan keramahan pengguna, serta memastikan bahwa hasil akhir terlihat lebih bagus.

  1. Strip Generator

Di situs Strip Generator, para pengguna dimudahkan dengan adanya template yang sudah tersedia di sini. Salah satu kemampuan unik Strip Generator adalah panel yang dapat kalian sesuaikan. Kalian juga bisa menyimpan komik yang sudah setengah jalan untuk digunakan kembali nanti.

Ya, itulah 4 situs gratis yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat komik disaat swakarantina seperti sekarang. Tinggal gambar, unggah karya kalian, dan jangan lupa share ke media sosial kalian ya!

Sumber

Related Posts