5 Akun Pemberi Edukasi di Twitter

5 akun pemberi edukasi di twitter
Setiap tanggal 2 Mei di Indonesia diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Hardiknas diperingati untuk mengingat jasa Bapak Pendidikan Nasional, yakni Suwardi Suryaningrat, atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara.
Ki Hajar Dewantara lahir di Jogjakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia merupakan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia saat zaman penjajahan Belanda. Saat itu, ia mendirikan Perguruan Taman Siswa pada 3 Juli 1922.
Saat itu, Taman Siswa yang didirikan langsung oleh Ki Hajar Dewantara merupakan satu-satunya tempat bagi rakyat jelata bersekolah, seperti halnya para golongan bangsawan maupun orang-orang Belanda. Selain itu, beliau juga menciptakan slogan yang hingga kini digunakan oleh pendidikan Indonesia, yakni Ing Ngarso Sung Tulodo (di depan memberi contoh), Ing Madyo Mangun Karso (di tengah memberi semangat), Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan).
Jasa-jasa beliau untuk bidang pendidikan Indonesia tidak bisa dianggap remeh hingga sekarang. Untuk mengenang jasanya, hingga kini setiap tanggal 2 Mei, di tiap sekolah selalu dilaksanakan upacara bendera untuk memperingati Hardiknas sekaligus hari lahir Ki Hajar Dewantara.
Di era sekarang, banyak cara untuk menyampaikan dan memberikan edukasi, seperti yang telah diawali oleh Ki Hajar Dewantara. Tak terkecuali di dunia maya, salah satunya adalah twitter. Ada banyak akun twitter yang patut di-follow karena memberikan edukasi yang sangat bagus.
Mau tahu akun twitter apa saja yang memberikan edukasi untuk para followersnya? Berikut daftarnya.
[custom_heading center=”true”]1. 1000 guru[/custom_heading]
cropped-new
Akun twitter 1000 guru (@1000guru) adalah akun inspirasi bagi pendidikan pedalaman dan perbatasan Indonesia. Gerakan 1000 Guru dibentuk oleh Jemi Ngadiono pada 22 Agustus 2012. Awalnya 1000 Guru adalah akun inspirasi dengan memberitakan keadaan realita pendidikan di pedalaman pelosok negeri melalui medsos, namun kini berkembang dengan melakukan aksi sosial nyata dengan turun langsung membantu pendidikan anak-anak pedalaman negeri. 1000 Guru juga memiliki website resmi, yakni seribuguru.org.
[custom_heading center=”true”]2. Indonesia Mengajar[/custom_heading]
Indonesia-mengajar-prev1
Indonesia Mengajar (@Ind_Mengajar) merupakan sebuah lembaga yang digagas oleh Mendikbud, Anies Baswedan pada tahun 2009. Lembaga ini bertujuan untuk merekrut, melatih, dan mengirim generasi muda terbaik ke berbagai daerah di Indonesia unruk mengabdi sebagai pengajar muda di Sekolah Dasar dan masyarakat. Indonesia Mengajar juga dapat diakses melalui website indonesiamengajar.org.
[custom_heading center=”true”]3. Akademi Berbagi[/custom_heading]
logo-akber
Akademi Berbagi (@akademiberbagi) adalah sebuah organisasi nirlaba yang digagas oleh anak-anak muda Indonesia yang peduli dengan pendidikan negeri. Akademi Berbagi memiliki tujuan membagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. Website resmi Akademi Berbagi bisa diakses di akademiberbagi.org.
[custom_heading center=”true”]4. Kelas Pagi[/custom_heading]
09_kelas-pagi
Kelas Pagi (@kelaspagi) merupakan wadah atau komunitas yang bertujuan untuk membagi ilmu fotografi dan teknik-tekniknya. Komunitas ini digagas oleh Anton Ismael pada tahun 2006 silam. Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin belajar tentang fotografi, bisa difollow dan bertanya-tanya dengan memention akun Kelas Pagi.
[custom_heading center=”true”]5. Inibudi[/custom_heading]
Inibudi
Inibudi (@inibudiorg) adalah sebuah inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi digital berupa video belajar berkualitas yang didirikan pada 2013. Program ini dibuat dengan tujuan mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan Indonesia. Untuk para pelajar yang ingin belajar lewat video dari Inibudi bisa mengakses website inibudi.org dan memilih materi yang ingin ditonton.