5 Aplikasi Perpesanan Teraman Pengganti WhatsApp

Sejatinya, sebelum diakuisisi Facebook, WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan teraman yang pernah ada. Apalagi, setelah kehancuran BlackBerry Messenger, bisa dibilang WhatsApp adalah satu-satunya aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak di dunia.

Namun keadaan berubah sejak negara api menyerang. Terlebih dalam pembaruan sistem terkini, WhatsApp “memaksa” pengguna membagikan data-datanya kepada Facebook. Jelas, ini merugikan semua penggunanya karena tidak ada lagi privasi antara mereka dengan Facbook.

Beberapa poin penting yang menjadi perhatian utama antara lain adalah cara bagaimana WhatsApp memproses data pengguna, bagaimana bisnis bisa menggunakan layanan yang dihosting Facebook untuk menyimpan dan mengelola isi percakapan. Serta bagaimana WhatsApp akan bermitra dengan Facebook untuk menawarkan integrasi yang lebih dalam di produk-produk mereka.

WhatsaApp pun memberikan pilihan kepada penggunanya. Para pengguna bisa menghapus aplikasi WhatsApp jika tidak setuju dengan kebijakan baru yang akan diterapkan per 8 Februari 2021 tersebut.

Kini, para pengguna WhatsApp pun disibukkan dengan pencarian aplikasi aman sebagai pengganti. Politwika memiliki rekomendasi 5 aplikasi pengganti yang juga seaman WhatsApp sebelum diakuisisi  oleh Facebok. Berikut adalah kelima aplikasi tersebut.

  1. Signal

Signal Private Messenger adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer, terlebih saat orang terkaya di  dunia, Elon Musk, merekomendasikan aplikasi ini. Sama seperti WhatsApp, Signal mendukung panggilan suara dan video, pesan teks, bahkan sms. Yang membuat aplikasi Signal aman adalah sistem end-to-end encryption.

  1. Telegram

Telegram menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling aman yang pernah ada. Saking amannya, aplikasi ini digunakan oleh para pembajak film untuk mempromosikan website streaming milik mereka. Sama seperti Signal, Telegram juga dilengkapi dengan end-to-end encryption, percakapan grup hingaa 100.000 anggota, panggilan suara, dll.

  1. Threema

Threma adalah sebuah aplikasi perpesanan  pribadi yang mungkin belum begitu dikenal oleh masyarakat. Namun, aplikasi ini memiliki serangkai fitur yang membuatnya menjadi salah satu pengganti WhatsApp. Hanya dengan  membayar $2,99 kalian akan mendapatkan aplikasi dengan panggilan suara terenkripsi yang dikelola server secara lokal di perangkat pengguna.

  1. Viber

Viber adalah salah satu aplikasi obrolan paling populer di beberapa negara di luar. Aplikasi ini menawarkan end-to-end encryption, panggilan suara, panggilan video, pesan teks, obrolan grup, dan hal-hal ekstra menyenangkan seperti stiker. Anda dapat membeli lebih banyak stiker dengan pembelian dalam aplikasi.

  1. LINE

LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang memungkinkan penggunanya melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE mengklaim aplikasinya sebagai pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.

Sumber 

Related Posts