5 Ciri Hoaks yang Harus Kita Ketahui

Akhir-akhir ini, warganet dihebohkan dengan tertangkapnya kelompok penyebar ujaran kebencian dan berita hoaks. Sebenarnya apa sih hoaks itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hoaks  adalah berita bohong.

Tujuan dari dibuatnya berita bohong atau hoaks adalah untuk mengelabui pembacanya. Jadi, apa saja sih berita hoaks itu? Yuk simak ciri-cirinya di bawah ini!

Hoaks atau berita bohong memiliki 5 ciri yaitu :

  1. 100% Salah

Berita hoaks sudah pasti isinya salah. Kalau 100% salah, ya sudah jelas keseluruhan isi berita tersebut salah dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Berat Sebelah

Ini seperti memihak kepada salah satu kelompok, atau bisa dibilang subyektif. Dengan tujuan untuk menguntungkan salah satu pihak yang diberitakan.

  1. Murni Propaganda

Berita murni propaganda adalah yang menjelaskan suatu pendapat baik itu benar atau salah.Ini bertujuan untuk menggiring opini publik terhadap isu yang sedang diangkat.

  1. Menyalahgunakan Data

Berita yang menggunakan data baik berupa foto atau sebagainya, yang memang benar ada namun tidak sesuai dengan yang diberitakan. Dibuat untuk mengelabui pembaca agar percaya dengan apa yang diberitakan tersebut.

  1. Tidak Tepat

Menggunakan judul yang ‘menjual’ namun tidak sesuai dengan isi berita. Ini bertujuan  menarik pembaca tetapi justru bisa membelokkan makna dari isi berita tersebut.

Sekarang sudah tahu kan ciri-ciri hoaks beserta perbedaannya? Semoga dengan mempelajari kelima ciri di atas, kita bisa terhindar dari berita hoaks. Selalu bijak dalam menggunakan media sosial ya, teman-teman.

Sumber:

http://www.huffingtonpost.com/dr-john-johnson/the-five-types-of-fake-ne_b_13609562.html

Related Posts