5 Kontroversi Fitur Dislike Facebook

ilustrasi-5-kontroversi-fitur-dislike-facebook

Beberapa waktu yang lalu ada kabar heboh dari bos Facebook, Mark Zuckeberg. Kabar tersebut tentang kehadiran tombol “Dislike” yang selalu dipertanyakan oleh orang-orang. Mark melalui konferensi pers tersebut mengatakan bahwa tim Facebook sedang mengerjakan proyek tersebut. Lantas apa saja respon dari orang-orang terhadap rencana Facebook tersebut?

Kebanyakan orang-orang merespon negatif proyek yang sedang dilakukan Facebook tersebut Berbagai alasan dikeluarkan. Berikut ini adalah alasan kenapa tombol “Dislike” tidak baik untuk Facebook:

  1. Berpotensi Menganggu Kesehatan Mental

Menurut artikel One Potential Problem with Facebook’s “Dislike” Button dikatakan bahwa dengan dikliknya tombol Dislike akan mempengaruhi orang yang postingannya di-Dislike. Apalagi Facebook belum mematangkan cara menanggulangi hal ini. Sehingga dikhawatirkan akan ada kasus orang yang terganggu kesehatan mentalnya karena fitur baru Facebok ini.

  1. Munculnya Dislike Army

Akan ada tren baru di dunia Facebook. Dimana di Twitter ada tren membuat akun bot untuk buzzer. Di Facebook nanti akan ada akun yang hadir hanya untuk Dislike postingan orang. Tujuannya bisa untuk menjatuhkan orang tersebut atau hal negatif lainnya.

  1. Memicu Aksi Main Hakim

Jika kita melihat postingan seseorang yang banyak di-Dislike. Kita akan menghakimi bahwa orang tersebut salah, posting hal negatif atau bisa kita caci maki. Hal ini sangat disayangkan karena kita bisa saja tidak mencari tahu alasan posting tersebut dan langsung menghakimi orang tersebut.

  1. Orang-orang Malas Untuk Sharing

Dengan munculnya wabah Dislike sebuah postingan. Orang-orang akan berpikir berulang kali untuk memposting sesuatu. Tidak ada lagi postingan curhat, humor, hal bermanfaat atau hiburan. Karena orang-orang takut postingannya tidak disukai.

  1. Sarana Menjatuhkan Lawan

Ini untuk yang berkecimpung di dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, persaingan itu adalah hal yang wajar. Dengan adanya tombol Dislike seseorang akan menggunakannya untuk menjatuhkan lawan bisnisnya. Dengan anggapan bahwa semakin banyak jumlah Dislike sebuah brand/bisnis maka brand tersebut tidak baik untuk dibeli.

5 efek negatif di atas kemungkinan besar akan terjadi jika fitur Dislike ini menjadi sebuah kenyataan. Tetapi sebenarnya ketika Mark “menyenggol” masalah fitur Dislike ini, dia tidak ingin membuat iklim Facebook menjadi tidak “menyenangkan”. Jadi kita tunggu saja ke depannya apakah fitur ini akan hadir atau tidak.

“We didn’t want to just build a Dislike button because we don’t want to turn Facebook into a forum where people are voting up or down on people’s posts. That doesn’t seem like the kind of community we want to create. You don’t want to go through the process of sharing some moment that’s important to you in your day and then have someone down vote it. That isn’t what we’re here to build in the world.“ – Mark Zuckeberg

Related Posts