5 Manfaat Medsos Saat Ramadhan

5 manfaat medsos saat ramadhan politwika

Siapa bilang media sosial menganggu ibadah puasa? Justru jika dimanfaatkan untuk hal-hal positif, media sosial (medsos) bisa menambah ibadah, lho. Minggu lalu sudah dibahas tentang 5 Hal Pengurang Pahala Puasa di Medsos, ingat kan? Nah sekarang kita bahas apa aja hal baik yang bisa dilakukan di medsos saat puasa. Ternyata ada 5 juga, yaitu:

  • Berbagi informasi berguna

Tau dong salah satu manfaat medsos adalah saling berbagi informasi? Berbagilah informasi yang berguna, bukan hoax atau data palsu menyesatkan. Misalnya berbagi info yang memperluas wawasan, info seputar agama, berita-berita yang perlu diketahui teman, info soal buku menarik, dan sejenisnya.

  • Ajang bersilaturahmi

Ada teman atau keluarga yang sudah lama tidak kamu sapa? Coba cari akun mereka di Facebook, Twitter atau Instagram. Sapalah mereka, kembali jalin silaturahmi yang selama ini terputus. Dengan begitu kamu akan punya hubungan baik kembali dengan mereka. Apalagi kalau dilanjut dengan tatap muka, lebih bagus lagi, bukan?

  • Menggalang bantuan

Bukan hal baru lagi bahwa medsos bisa dipakai untuk menggalang kerjasama dengan banyak pihak. Mumpung ini bulan baik, pakailah medsos untuk menggalang bantuan bagi yang membutuhkan. Misalnya mengumpulkan dana bagi korban bencana, fakir miskin, anak jalanan, panti asuhan, panti wreda, dan sebagainya.

  • Berdiskusi hal-hal positif

Medsos memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan berbagai kalangan, termasuk public figure atau para pakar di bidangnya. Terlibat diskusi dengan mereka atau sosok-sosok yang bisa menambah wawasan akan sangat berguna. Berdiskusilah secara sehat, membangun, tanpa harus berakhir dengan twitwar atau debat sengit.

  • Memamerkan karya inspiratif

Buat kamu yang punya hobi di bidang kreatif, medsos bisa jadi media yang positif. Pamerkanlah karyamu, baik itu puisi, cerpen, meme, kartun, infografis, video, atau lentunan musikmu di medsos. YouTube, SoundCloud, Twitter, Instagram, Facebook, bisa jadi ajang kreasimu. Siapa tahu ada pihak yang tertarik dengan karyamu dan mengajakmu bekerjasama?

Itu tadi hal-hal positif yang bisa dilakukan di medsos. Ada yang mau menambahkan?

Related Posts