5 Pekerjaan “Asik” Kaum Millenial

Hallo, millenial! Menurut laporan Tetra Pak Index 2017, angka pengguna media sosial yang aktif di Indonesia mencapai 132 juta jiwa lho. Jika pengguna memanfaatkannya untuk menciptakan lapangan pekerjaan akan lebih menguntungkan hasilnya, karena penghasilan yang didapatkan sangat fantastik!

Di jaman serba online ini telah bermunculan 3 jenis pekerjaan seperti blogger, grapich designer dan content writer. Kemudian kembali tercipta 5 lapangan pekerjaan baru di era millenial, yaitu :

  • Social Media Strategist

Melihat angka pengguna media sosial yang cukup tinggi di Indonesia, membuat beberapa pebisnis serta perusahaan menggunakannya sebagai alat untuk memasarkan bisnis mereka. Baik perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh social media strategist adalah mengoptimalisasikan pengguna media sosial agar proses pemasaran hingga promosi berjalan dengan baik.

Seperti yang dilakukan oleh @garyvee yang sukses meraup $ 100 juta pada tahun 2016 melalui perusahaan yang ia dirikan yaitu VaynerMedia, merupakan perusahaan penyedia layanan media sosial dan startegi untuk perusahaan Fortune 500.

  • Selebgram

Menjadi selebgram, kamu harus memiliki followers yang banyak serta feeds yang menarik. Selain itu akun instagrammu harus sudah diverifikasi. Penghasilan utama selebgram berasal dari endorsement serta kerjasama yang melibatkan brand-brand ternama. Seorang selebgram bisa mengantongi belasan juta rupiah hanya dengan mengunggah satu produk lho. Keuntungan yang didapatkan dengan menjadi selebgram selain berupa materi, kamu juga bisa ikutan terkenal.

@ChandraLiow adalah satu selebgram yang sudah sukses, berawal dari rajin memposting video komedi kini dia sudah menjadi content creator dan pernah berperan sebagai Joe di film “Single” bersama @radityadika. Menarik bukan?!

  • Youtuber atau vlogger

Menjadi youtuber bukan hanya bermodal punya kamera saja tapi pekerjaan ini juga dituntut untuk selalu mempunyai ide-ide yang keren dan kreatif serta mempunyai kemampuan editing video yang baik. Dari segi penghasilan, setiap satu videomu jika berhasil ditonton 100 ribu kali, kamu bisa mendapatkan 50-100 dolar AS atau setara dengan 1,3 juta rupiah.

Salah satu youtuber yang telah sukses menjelajah hingga ke Amerika adalah @richchigga. Rapper yang masih berumur 18 tahun asal Indonesia ini mengawali karirnya lewat video “Suicide Hotline” yang viral di tahun 2014.

  • Social Media Traveller

Hobi jalan-jalan dan update media sosial? Pekerjaan ini sangat cocok untukmu! Modal untuk menjadi traveler adalah wajib mempunyai alat perekam seperti kamera untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Dan kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, karena bukan hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru dunia.

Biasanya pekerjaan ini akan ditawari kerjasama dengan beberapa pihak seperti hotel, maskapai penerbangan dan agen perjalanan untuk memberikan review tentang sebuah produk.

@RamonYTungka merupakan traveller yang berhasil memanfaatkan media sosial dengan baik, bahkan dia menerbitkan buku yang berjudul “100 Hari Keliling Indonesia” pada tahun 2015 lalu.

  • Buzzer atau influencer

Buzzer atau influencer adalah sosok yang dipercaya untuk opini dan build kepercayaan publik. Biasanya beberapa industri atau perusahaan selalu membutuhkan dan mengandalkan sosok buzzer untuk memasarkan produknya. Cukup memposting dan mendapatkan banyak like atau comment kamu bisa menghasilkan uang yang banyak dari sini.

Seperti yang dilakukan oleh @JenniferBachdim yang sukses menjadi Top Parenting Influencer Award dan @ria_miranda sebagai Top Fashion Influencer Award yang di selenggarakan di Malaysia. Wow!

Gimana kaum millenial? Yang masih kebingungan dalam menjadi jobseeker, mungkin ke 5 jenis pekerjaan tersebut dapat menginspirasi kalian. Salam semangat dari si penulis 🙂

Sumber : https://www.upstation.id/2017/09/21/7-pekerjaan-kekinian-yang-berhubungan-dengan-media-sosial-cocok-dicoba-para-generasi-millenial

https://inet.detik.com/cyberlife/d-3659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-penggila-medsos

http://www.romelteamedia.com/2014/04/media-sosial-pengertian-karakteristik.html

http://www.gogirl.id/news/life/cari-tau-lebih-jauh-prospek-karir-apa-aja-yang-ada-di-social-media-F84316.html

Related Posts