5 Pengurang Pahala Puasa di Medsos

PAHALA

Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim di bulan Ramadan setiap tahunnya. Puasa Ramadan mewajibkan para muslim menahan segala nafsu dari terbit hingga terbenamnya matahari. Setiap muslim yang sudah dewasa, wajib menjalankan Puasa Ramadan selama satu bulan penuh.

Namun banyak yang tidak sadar bahwa apa yang biasa mereka lakukan bisa mengurangi pahala puasa mereka, terlebih di media sosial. Kebanyakan hal-hal tersebut sering dianggap remeh.

Berikut ini adalah 5 hal kecil di medsos yang bisa mengurangi pahala kalian, disimak ya guys!

[custom_heading center=”true”]1. Update Status Lapar dan Haus[/custom_heading]

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh para remaja di medsos adalah update status. Apapun yang mereka lakukan, pasti akan di-update agar para followers mereka mengetahui yang dikerjakan oleh remaja tersebut.

Banyak remaja yang mengupdate status kelaparan dan kehausan ketika berpuasa di bulan Ramadan. Sebaiknya, hal ini dihindari karena dapat menggugurkan pahala yang telah kalian kumpulkan setelah seharian berpuasa.

[custom_heading center=”true”]2. Pamer[/custom_heading]

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pamer adalah kegiatan menunjukkan sesuatu yang dimiliki kepada orang lain dengan maksud memperlihatkan kelebihan atau keunggulan untuk menyombongkan diri.

Sudah sejak kecil kita diajarkan bahwa pamer merupakan salah satu tindakan tidak terpuji. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kita sering mengabaikan hal tersebut. Di bulan Ramadan seperti saat ini, alangkah baiknya jika kita tidak melakukan pamer apapun, baik itu pamer ibadah, pamer berzakat, atau semacamnya di medsos karena hal tersebut tidak ada manfaatnya dan hanya mengurangi pahala puasa.

[custom_heading center=”true”]3. Stalking[/custom_heading]

Di bulan yang suci ini, biasakan kalian berhenti stalking teman atau artis idola kalian. Hal tersebut dikarenakan kalian tidak tahu apa konten yang mereka upload di sosmed mereka. Bisa saja di profil teman atau artis idola yang kalian follow terdapat konten berisi maksiat, kata-kata kasar, foto vulgar, atau wajah dan pose teman lawan jenis yang bisa mengganggu ibadah kalian di bulan Ramadan.

[custom_heading center=”true”]4. Upload foto Makanan dan Minuman[/custom_heading]

Di lingkungan pertemanan, pasti ada beberapa teman kita yang iseng. Salah satu ide yang mereka keluarkan di bulan Ramadan adalah mengupload foto makanan dan minuman di medsos ataupun grup chat dengan tujuan bercanda.

Satu-satunya hal yang harus kalian lakukan jika memiliki teman seperti itu, adalah hiraukan mereka. Ya kalau bisa, kalian boleh menasehati mereka bahwa hal tersebut bisa mengurangi pahala puasa. Jangan malah ikutan seperti mereka ya!

[custom_heading center=”true”]5. Membicarakan Orang Lain di Medsos[/custom_heading]

Sudah bukan rahasia umum bahwa medsos merupakan salah satu sarana mengobrol dengan teman. Semua hal yang seru pasti tidak lepas dari perbincangan kalian di medsos kan? Salah satu hal yang seru adalah membicarakan orang lain. Benar kan? Hayo ngaku! 😛

Di bulan Ramadan biasakan kalian tidak membicarakan orang lain di medsos. Selain tidak ada manfaatnya, hal tersebut juga bisa mengurangi pahala puasa kalian seharian.

Nah, sudah tahu kan apa saja hal-hal kecil di medsos yang membatalkan puasa kalian di bulan Ramadan? Jangan sampai hal tersebut menggugurkan pahala puasa yang telah kalian kumpulkan bersusah payah. Tidak mau kan?

Semoga artikel kami kali ini bermanfaat buat kalian ya! Selamat berpuasa! 🙂

Related Posts