5 Tip Agar Puasamu Tak Terganggu Medsos

Tidak terasa kita sudah memasuki minggu kedua Bulan Ramadan 1440 Hijriah, yang artinya tinggal dua pekan lagi kita merayakan hari kemenangan. Jadi sejauh ini, bagaimana ibadah puasa kalian? Apakah dengan adanya media sosial (medsos) cukup membantu? Atau justru mengganggu?

Seperti yang kita ketahui, medsos seperti Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, dll, memberikan dampak beragam bagi kehidupan. Mulai dari dampak positif maupun negatif.

Sama halnya saat melaksanakan ibadah puasa, medsos memiliki dampak positif dan negatif. Kali ini, Politwika akan memberikan 5 tip agar puasa kita semua tidak terganggu oleh medsos.

  1. Jangan Terlalu Sering Menengok Timeline

Kami tahu bahwa melihat timeline di medsos sangat menyenangkan untuk membunuh waktu sambil ngabuburit. Tapi akan lebih baik jika menghabiskan waktu untuk kegiatan bermanfaat lain, seperti membaca Alquran portable yang kalian unggah di handphone kalian.

  1. Jangan Unggah Kegiatan Saat Beribadah

Lebih baik beribadah dalam diam daripada selalu update ketika akan dan sedang beribadah. Update ketika akan dan sedang beribadah juga akan membuat pahalamu berkurang. Sebaiknya yang seperti ini juga dihindari.

  1. Follow Akun Bernuansa Islami

Di bulan yang baik ini sudah seharusnya kita memanfaatkannya. Salah satu caranya dengan memanfaatkan medsos adalah dengan mem-follow akun-akun islami di Twitter, Facebook, bahkan kalian juga bisa mendengarkan ceramah ustaz favorit kalian di YouTube.

  1. Unfollow/Mute Akun Meresahkan

Yup, agar ibadah kita di bulan Ramadan tambah afdal, ada baiknya kita unfollow atau mute akun yang meresahkan. Meresahkan di sini kita artikan sebagai akun yang membuat ibadah berkurang ya. Contohnya adalah akun-akun gosip, gibah, serta akun-akun vulgar.

  1. Berbagi Kata-kata Bijak

Tidak ada salahnya ‘kan jika ingin berbagi kata-kata bijak? Apalagi hal ini bisa menambah pahala. Berbagi kata bijak juga masih lebih baik ketimbang berbagi status yang berisi makanan atau sambat setiap saat kok. Tidak ada ruginya kan?

Itu tadi 5 tip yang bisa kalian lakukan agar ibadah puasa tidak terganggu adanya medsos. Bahkan jika mengikuti tip di atas Insha Allah bisa menambah pahala kita semua. Akhir kata, selamat berpuasa! 🙂

Related Posts