5 Tips Menghadapi Hate Speech

hatespeech

 

Surat edaran yang dikeluarkan oleh Kapolri tentang ujaran kebencian atau hate speech menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat khususnya pengguna media sosial. Hingga hari ini, masih banyak netizen yang membicarakan tentang hate speech. Dalam surat edaran tersebut memang disebutkan bahwa pelaku hate speech dapat dipidanakan.

Namun sebaiknya kita tidak terlalu gegabah ingin langsung mempidanakan seseorang bila menjadi korban hate speech. Sebab ada beberapa hal yang sebaiknya perlu dilakukan terlebih dahulu untuk menghadapi hate speech tanpa melalui jalur hukum, antara lain:

1. Dengarkan dan intropeksi diri
Saat merasa ada orang lain yang membicarakan sesuatu tentang diri kamu, cobalah untuk berbesar hati mendengarkan pendapat mereka. Kemudian berkacalah pada diri kamu sendiri. Bila yang dikatakan mereka tentang diri kamu itu benar, maka perbaikilah agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Jangan direspon
Bila memang apa yang mereka katakan tentang diri kamu itu tidak benar, sebaiknya tidak perlu kamu respon. Sebab terkadang memang ada saja orang yang berusaha mencari perhatian dengan melakukan hal-hal yang tidak penting.

3. Memaafkan
Berbesar hatilah untuk memaafkan para penebar kebencian. Sebab, memaafkan orang lain dapat menghindarkan kita dari perasaan dan perilaku negatif.

4. Block, Mute, Delete
Daripada kamu makan hati baca komentar-komentar yang tidak benar tentang diri kamu, manfaatkanlah fitur block, mute dan delete yang disediakan diberbagai media sosial untuk menyaring informasi yang ingin dan tidak ingin kamu baca.

5. Alihkan perhatian
Langkah terakhir, alihkan perhatian kamu. Jangan terfokus pada apa yang dikatakan oleh orang lain tentang keburukan kamu. Fokuskan perhatian kamu ke hal-hal yang lebih berguna dan ke orang-orang yang sayang dan menghargai kamu.

Related Posts