5 Tips Menghadapi Kicauan Stres di Medsos

Stress

Pernah membaca status FB atau kicauan Twitter teman yang sedang galau? Bahkan saking galaunya sampai mau bunuh diri? Ya, namanya teman di media sosial (medsos), sama saja dengan teman di dunia nyata. Tidak selalu isi postingannya ceria. Sering galau, suram, sedih, sampai marah-marah. Memang bete sih baca postingan yang begitu, sering memancing emosi juga. Apa yang sebaiknya dilakukan jika ada teman medsos yang postingannya bernada stres? Nih, ada tipsnya, agar kamu ngga terpengaruh ikutan stres

  • Hormati perasaannya

Kita tidak selalu dalam mood bagus saat ngetwit atau update status Facebook. Ada orang yang menumpahkan perasaannya di medsos, dan itu wajar. Hormatilah perasaannya, walau kicauannya cukup mengganggu. Itu hak dia untuk mengekspresikan perasaannya. Mungkin dia memang butuh tempat untuk mencurahkan isi hati.

  • Bersimpati

Jika dia teman yang kamu kenal baik, atau kamu merasa pernah mengalami hal serupa, berikan dia simpati. Bisa berupa komentar untuk menenangkan. Bisa juga berbagi cerita yang sama untuk memberinya hiburan.

  • Berikan solusi

Kadang ada curhatan yang isinya keluhan tentang suatu masalah. Ini berarti dia perlu solusi untuk mengatasinya. Misalnya dia stres karena masalah teknis yang menganggu pekerjaan. Bagus juga kalau kamu bisa memberi solusi masalah itu dengan cara memberikan link atau usulan aplikasi tertentu yang dapat membantunya. Atau jika itu masalah pribadi, tawarkan untuk berinteraksi melalui jalur pribadi (japri).

  • Hindari provokasi

Sering ada teman medsos yang mengungkapkan emosinya ke pihak lain. Bisa sampai marah-marah, penuh caci maki. Teman medsos yang baik pastinya tidak akan mengomporinya untuk semakin memperbesar masalah. Justru mengingatkan jangan sampai dia terjerat masalah hukum.

  • Ademkan suasana

Caranya? Coba alihkan perhatiannya dengan mengajaknya membahas hal lain yang menyenangkan. Atau mention dia dengan meme lucu, humor, atau kicauan yang kocak. Siapa tau stresnya bisa terlupakan dan justru tenggelam dalam tawa bersamamu.

Nah, siapa teman medsosmu yang sedang stres hari ini? Ketahuan lho dari postingannya. Ayo redam stresnya, agar tidak menularimu dengan kesuraman. Hehehe.

Related Posts