10 Tweet Kontroversial Indonesia 2015

indokontro(PoliTwika) Kemarin kita sudah bahas 10 tweet kontroversial versi mancanegara sepanjang 2015. Akan aneh jika ngga bahas soal kicauan-kicauan heboh versi Indonesia. Kicauan siapa saja dan soal apa saja yang masuk kategori ini? Nih dia:

  • Tweet Felix Siauw

Tweet kontroversial 2015 diawali oleh kicauan uztad Felix Siauw di bulan Januari. Di akun @FelixSiauw, uztad mualaf ini membahas soal tren selfie di kalangan muslimah. Dia kultwit lumayan panjang mengenai kebiasaan selfie yang dinilai termasuk riya dan takabur.

“Selfie itu kebanyakan berujung pada sifat takabur atau riya, sedikitnya ujub. Buat cewek apalagi cowok, lebih baik hindari yang namanya selfie. Nggak ada manfaatnya dan malah banyak mudharatnya.”

Kultwitnya langsung menuai pro dan kontra di kalangan netizen. Bahkan menjadi pemberitaan media massa.

  • Tweet Lion Air

Pada 25 Februari lalu, akun @OfficialLionAir mengundang heboh dengan tweetnya. “Tweeps dalam penerbangan kalian pilih mana? Kena delay atau ngga pernah sampai.. selamat malam. Salam #LIONAIR” Kicauan itu terkait dengan tragedi delay penerbangan hingga berhari-hari. Tweet itu kontan memancing amarah banyak pihak, sebab dianggap pihak Lion Air meremehkan tragedi yang merugikan banyak penumpang. Namun tak lama pihak Lion Air merilis bahwa akun Twitter tersebut bukan akun resmi mereka. Betul saja, akun itu juga raib begitu saja dari Twitterland. Nah loh!

  • Tweet Farhat Abbas

Kepergian selamanya presenter Olga Syahputra memicu tweet kontroversial Farhat Abbas. Pemilik akun @FarhatAbbasLaw ini memosting serentetan kicauan yang dinilai tidak simpatik atas wafatnya Olga. “Setelah banyak bohong, akhirnya mati juga,” begitu salah satu tweetnya. Para fans Olga langsung menyerang pengacara ini, dan membuat tagar #RIPFarhatAbbas. Tagar ini akhirnya menjadi trending topic mengalahkan #RIPOlgaSyahputra

  • Tweet SBY

Walau sudah bukan presiden, SBY melalui @SBYudhoyono masih cukup aktif di Twitter. Bahkan dia sangat teliti mengikuti pernyataan Presiden Joko Widodo dan meralatnya melalui Twitter. Antara lain dengan serentetan kicauan yang meralat pernyataan Jokowi soal utang Indonesia ke IMF.

“Maaf, saya terpaksa mengoreksi pernyataan Presiden Jokowi ttg utang IMF yg dimuat di harian Rakyat Merdeka kemarin, tgl 27 April 2015. *SBY*”. Demikian SBY mengawali kultwit seputar ralatnya atas pernyataan Jokowi. Tweet yang di-RT hingga 3000 kali itu cukup mengundang pro dan kontra seputar berapa sebenarnya utang Indonesia ke IMF.

  • Tweet Jokowi

Di ultah ke-54, Presiden Jokowi memosting tweet pertamanya di akun @Jokowi. Kicauan pada 21 Juni itu berbunyi, “Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. -Jkw.” Kicauan yang bertepatan di bulan Ramadhan ini memicu kontroversi. Pasalnya, akun @Jokowi tersebut dianggap bukan akun yang benar-benar baru, sebab tahu-tahu sudah berfollower 2,89 juta. Akun yang sudah terverifikasi itu hanya berganti username dari @Jokowi_do2 menjadi @Jokowi.

Menjadi heboh karena akun @Jokowi_do2 yang sudah terdaftar sejak September 2011 itu sempat dibantah oleh Sekretaris Kabinet bahwa itu akun milik Jokowi. Namun melalui akun @setkabgoid akhirnya dijelaskan bahwa sejak menjadi @jokowi, akun itu resmi milik Presiden Jokowi. Hmm memang blunder ya.

  • Tweet Sherina

26 Juni 2015, Mahkamah Agung Amerika Serikat melegalkan pernikahan sesama jenis yang berlaku di 50 negara bagian AS. Kebijakan ini dirayakan oleh komunitas Lesbi, Gay, Bisexual, Transgender (LGBT) sedunia. Penyanyi Sherina Munaf, melalui akun @SherinaSinna mengeksperikan dukungannya dengan tweet kontroversial.

“Banzai! Same sex marriage is now legal across the US. The dream: next, world! Wherever you are, be proud of who you are. ‪#LGBTRights” begitu bunyinya. Kontroversial, sebab di Indonesia gaya hidup LGBT masih menjadi perdebatan panjang. Tweet yang di-rt lebih dari 1000 kali ini mengundang makian, sekaligus ada juga yang membelanya.

  • Tweet Della JKT48

Menjadi idola memang tidak mudah. Salah ngetwit saja, fatal akibatnya. Ini dialami Della Delia, personel JKT48 yang salah menyebutkan arti dari “tut wuri handayani” di akunnya @Della_JKT48. Di akun itu dia berkicau, “Dan aku juga mengenalkan budaya indonesiaa ke mereka. seperti, tut wuri handayani yg artinya walaupun beda tetap satu:).”

Tweet yang diposting bulan April itu menuai kecaman, sebab dia salah total mengartikan “tut wuri handayani”, terbalik dengan arti “bhinneka tunggal ika”. Setelah diolok-olok netizen, Della menghapus tweetnya itu

  • Tweet Uztad Solmed

Urusan agama memang selalu sensitif, apalagi jika ada pernyataan dari seorang uztad. Uztad Solmed melalui akun @SholehMahmoed pada Oktober lalu membuat kultwit menghebohkan. Salah satu tweetnya berbunyi: “INDONESIA DARURAT WAHABI (siap-siap dituduh Syiah). Tempat wahabi bukan di Indonesia. Indonesia itu tanah Ahlussunnah bukan tanah Ahlu fitnah”

Akibat kultwit kontroversial itu, sang uztad dituduh syiah, dan tweetnya diperdebatkan banyak forum agama. Media online Islam ramai memberitakannya, hingga Kaskus pun tak mau ketinggalan.

  • Tweet Pramono Anung

30 Oktober lalu Pramono Anung melalui akun @PramonoAnung mengunggah foto presiden Jokowi yang bertemu Suku Anak Dalam, Jambi. “Presiden @jokowi berdialog dengan Suku Anak Dalam di Kab Sorolangun, Presiden menawarkan rumah tinggal bagi mereka, begitu twetnya.

Twitpic ini beredar viral ke seantero medsos, dengan berbagai pro dan kontra. Ada pula yang mengatakan, Suku Anak Dalam di foto itu hanya karyawan kebun sawit yang disuruh buka baju. Menyusul foto lain dalam versi Suku Anak Dalam mengenakan baju. Intinya twitpic ini menjadi perdebatan panjang hingga berhari-hari. Cukup menghebohkan, bukan?

  • Tweet Y. Paonganan

Tak bisa dibantah lagi, inilah tweet terheboh tahun ini. Di akun @Ypaonganan, Yulianus atau akrab disapa Ongen, membuat kicauan yang amat sangat kontroversial. Pertengahan Desember ini, Ongen mengunggah foto lawas presiden Jokowi bersama Nikita Mirzani.

Menjadi heboh, karena ditambahkan tagar #PapaDoyanL*nte. Memang belum lama Nikita diringkus akibat terlibat prostitusi, sehingga tagar itu terkesan sangat pas. Tweet Ongen ini memancing kehebohan luar biasa, hingga berakhir dengan laporan ke kepolisian. Dia didakwa melanggar UU ITE dan UU Anti Pornografi.

Related Posts