Mengenal Generasi Baby Boomers Sampai Generasi Alpha

generation

Pernah dengar soal Generasi Baby Boomers, X, Y, Z? Bahkan kini ada lagi yang namanya Geneasi Alpha? Apa pula itu iGeneration dan Generasi Milenial? Semua istilah itu adalah pembagian generasi berdasarkan periode masa tertentu. Bisa dikaitkan dengan era teknologi apa yang dikenal per generasi. Menarik kan? Nah, kamu termasuk generasi X, Y, atau Z? Yuk kita kupas satu-satu. Oh ya, pembagian generasi berdasar adaptasi mereka terhadap teknologi ini sebatas berlaku di kota-kota yang akses internetnya sudah lumayan oke.

  • Generasi Baby Boomers

Ini bisa dibilang generasinya ortu kita. Lahir antara tahun 1946-1964. Disebut “baby boomers” sebab periode itu banyak bayi dilahirkan sebagai imbas dari Perang Dunia II yang menewaskan banyak orang. Seolah orang jadi berlomba-lomba menghasilkan keturunan, takut manusia punah..hihihi.  Generasi ini lahir dan besar di masa sebelum internet. Teknologi komunikasi yang dikenal berupa telepon rumah, telegram, dan faksimil awal. Kalau ada generasi ini yang sekarang sangat update teknologi, layak diacungi jempol. Itu pertanda mereka jago dalam beradaptasi. Tapi mayoritas generasi ini tergolong gaptek, sebab sudah mulai sulit mempelajari teknologi baru.

  • Generasi X

Kalau kamu lahir antara tahun 1965-1980, maka kamu termasuk Generasi X. Waktu generasi ini lahir, sudah mulai dikembangkan komputer, video games, TV kabel, dan internet. Hanya penggunaannya belum terlalu populer. Kalau kamu mengenal dan pernah pakai floopy disk alias disket, berarti kamu Generasi X. Generasi X juga mengalami masa kejayaan video games seperti Nintendo, Sega, Atari, Game and Watch. Eh Game and Watch ini di Indonesia lebih populer dengan sebutan “jimbot”, lho. Generasi ini sekarang masih sangat update dengan teknologi terkini, sebab mereka tidak mau ketinggalan zaman. Sayangnya, Generasi X ini merasakan “abad kegelapan” di mana akses internet masih minim, lemot, dan sulit. Maka kini mereka sangat menikmati akses internet yang mulai oke.

  • Generasi Y

Populer juga dengan sebutan Generasi Milenial, lahir antara tahun 1981-1994. Waktu generasi ini lahir, teknologi komunikasi tengah gencar dikembangkan. Ponsel dan internet belum terintegrasi, tapi sudah booming SMS, email, pesan instan (Yahoo Messenger, ICQ, dsb). Ketika Generasi Y mulai remaja, muncul lah media sosial seperti Friendster, MySpace, Facebook, Twitter. Games online juga mulai populer, sehingga lumayan banyak Generasi Y yang jadi gamer online. Di eranya, koneksi internet sudah mulai membaik, mudah diakses. Generasi Y bisa dibilang cukup beruntung. Dan sudah jelas Generasi Y sangat mengikuti update teknologi, sebab ortu mereka pun lumayan melek teknologi.

  • Generasi Z

Dikenal juga dengan nama iGeneration, sebab mereka lahir di era internet sudah sangat populer. Lahir antara 1995-2010 Generasi Z ini sangat diuntungkan dengan kemajuan infrastruktur yang memungkinkan internet diakses mudah, cepat, dan lumayan murah. Begitu lahir, Generasi Z sudah berhubungan dengan beragam aplikasi internet. Di usia anak-anak, mereka sudah terbiasa melihat orang dewasa menggunakan gadget (smartphone, tablet). Generasi Z sangat mudah beradaptasi dengan teknologi komunikasi. Mendengarkan musik, menonton film atau TV secara streaming sudah jadi hal bisa bagi Generasi Z. Media sosial? Sudah jadi bagian dari keseharian yang sulit ditinggalkan.

  • Generasi Alpha

Ini dia generasi yang diprediksi paling canggih dalam penguasaan penggunaan teknologi komunikasi. Mereka lahir antara tahun 2011-2025. Jadi begitu lahir sudah mengenal smartphone, tablet, media sosial, serta bermacam teknologi canggih lain. Orang tua mereka sudah sangat melek teknologi, sehingga sedari bayi pun sudah dibuatkan akun media sosial, email, bahkan domain web. Nyaris sama dengan Generasi Y, Generasi Aplha menjalankan berbagai aplikasi online, dan internet sudah jadi bagian dari keseharian. Kelak, generasi ini akan menyimpan semua datanya secara online.