Topik Hot di Twitter Sepekan Terakhir

davfqwvf

Media sosial sering kali dijadikan sebagai salah satu media alternatif dalam mencari informasi. Bahkan tak jarang, melalui media sosial kita bisa mendiskusikan banyak hal dengan pengguna lainnya. Hingga akhirnya diskusi tersebut menjadi sesuatu yang paling banyak dibicarakan di media sosial. Politwika sudah merangkum 4 topik terhangat di media sosial selama satu pekan kemarin terhitung sejak 25 Januari 2016 hingga 31 Januari 2016. Penasaran?

 

  • Netflix Diblokir

Netflix adalah layanan streaming film berbayar yang baru hadir di Indonesia pada awal Januari lalu. Kehadiran Netflix mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta film.

Namun sayang, belum sebulan beroperasi Telkom sudah resmi memblokir layanan Netflix sejak 27 Januari 2016 lalu, hingga banyak pelanggan dari IndiHome, Wifi.id dan Telkomsel yang tidak bisa mengakses layanan tersebut.

Menurut Direktur Consumer Telkom, Dian Rachmawan, pihaknya memblokir Netflix karena tidak memiliki izin dan memuat konten yang tidak diperbolehkan.

Namun apa yang dilakukan  Telkom terhadap layanan Netflix ini mendapat banyak keluhan dari netizen, khususnya pengguna Twitter. Seperti yang diungkapkan @DamarJuniarto, “Apa yg seharusnya didesak ke Netflix adalah kewajibannya membayar pajak dan ini bisa didorong dengan buka kantor di Indonesia. Bukan blokir.

Bahkan tidak sedikit pula pengguna Twitter  yang menyindir Telkom. Seperti yang tweet-kan @riyanwahyudi, “Yaiyalah diblokir itu Netflix, Telkom pasti lebih mau IndiHome-nya lebih populer.” Selama 27 Januari 2016 lalu, setidaknya ada 2.385 tweet yang membicarakan tentang pemblokiran Netflix oleh Telkom.

 

  • Metube.co.id Dinilai Tidak Orisinil

Sebuah situ berbagi video lokal  bernama Metube  resmi diluncurkan oleh Hary Tanoedoedibjo, CEO MNC Group pada 29 Januari lalu.  Hary Tanoe pun menjelaskan bahwa Metube adalah buatan lokal, locally made, tetapi memiliki kualitas internasional yang dikembangkan bersama portal berita Okezone.com.

Tapi kemunculkan Metube ini mendapat respon negatif dari mayoritas netizen,khususnya pengguna Twitter, terlihat dari banyakan komentar bernada satir yang ditujukan ke Metube. Seperti yang diungkapkan @syaldisahude, “YouTube dan MeTube akan merger dan ganti nama jadi WeTube ?“. Netizen menilai Metube bukan sebuah karya anak bangsa yang tidak benar-benar orisinil, sebab  Metube memiliki banyak kemiripan dengan Youtube.

 

  • Jessica Wongso Menjadi Tersangka

Kasus kematian Mirna terus bergulir hingga akhirnya Jessica Wongso ditangkap disandingkan menjadi tersangka. Penangkapan Jessica ini mendapat banyak perhatian netizen, khususnya pengguna Twitter. Hingga pukul 10pagi tanggal 30 Januari lalu, setidaknya ada 11.385 tweet yang memperbincangkan tentang penangkapan Jessica. Akun @gm_gm adalah salah satu yang turut meramaikan perbincangan penangkapan Jessica, “Mungkin Jessica bersalah. Mungkin tidak. Sudah lama kita, di Twitter ini, cenderung terburu jadi hakim sendiri.”.

 

  • Banyu Biru Upload SK BIN di Path

Pengusaha muda sekaligus aktor, Banyu Biru mendapat kecaman dan cibiran dari netizen, pengguna Twitter karena telah mengunggah SK pengangkatan dirinya sebagai anggota bidang politik Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan BIN. “Kalau kongko dengan Banyu Biru harap hati-hati aja ya, jangan ngomong sembarangan, dia itu Intel loh“, kicau @Restyies, salah satu akun yang turut mencibir Banyu Biru di Twitter.

Surat yang seharusnya bersifat sangat rahasia itu justru diunggah ke media sosial Path oleh Banyu Biru yang kemudian screenshot postingan di Path tersebut kian tersebar ke berbagai media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Apa yang telah dilakukan Banyu Biru ini menyebabkan netizen menganggap dirinya tidak memahami cara kerja BIN yang tertutup. Hingga kinipun Banyu Biru belum memberikan keterangan atau klarifikasi apapun tentang kehebohan ini.

 

  • Masinton Pasaribu Menganiaya Staf Ahli

Anggota DPR dari PDIP, Masinton Pasaribu dilaporkan dengan dugaan melakukan penganiyaan terhadap staf ahlinya. Kabar ini menjadi perbincangan hangat dikalangan netizen, terutama pengguna Twitter. Melalui tagar #AdaCintaDibogemMasinton ribuan pengguna Twitter memberikan komentar, menyindir dan menuding Masinton sebagai lelaki telah melakukan tidak kekerasan terhadap wanita. Seperti yang ditweet-kan @FerinIstikomah, “Jangan main tangan, mending belajar bikin tanda tangan aja buat surat nikah kita nanti :v #AdaCintaDiBogemMasinton,” .

Hingga 31 Januari 2016 tercatat ada 28.645 tweet yang membicarakan tentang hal ini. Netizen pun meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus penganiayaan ini.

Related Posts