5 Aturan Unggah Kelahiran Bayi di Medsos

BayiKelahiran seorang bayi lucu dan menggemaskan memang selalu di nanti banyak orang, terlebih oleh para calon orang tua. Saat moment kelahiran bayi berlangsung, terkadang orang tanpa berpikir panjang langsung tergesa-gesa mengunggah moment itu ke media sosial.

Namun sebelum kamu terburu-buru mengunggah moment kelahiran tersebut ataupun foto sang bayi ke media sosial, ada baiknya kamu memahami dan mengikuti aturan berikut ini:

  • Sekalipun kamu adalah anggota keluarga atau sahabat terdekat, kalau kamu bukan orang tua si bayi, sebaiknya kamu jangan mengunggah apapun yang berhubungan dengan si bayi ke media sosial. Sebelum orang tua si bayi mengunggahnya terlebih dahulu.
  • Jika kamu adalah orang tua si bayi, kamu bisa membuat perencanaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengunggah sesuatu tentang bayimu. Kamu berhak melarang orang lain untuk mengunggah apapun tentang bayimu ke media sosial.
  • Andaikata orang tua atau anggota keluarga kamu terlanjur mengunggah foto bayimu ke media sosial, misalnya Facebook. Biarkanlah. Namun pastikan kalau kamu tidak menyebarkan kembali foto tersebut  ke teman-teman Facebookmu. Sebab, jika kamu melakukan hal itu besar kemungkinan orang asing akan melihatnya.
  • Mungkin kamu pernah melihat orang lain diluar anggota keluarga mengunggah foto bayi temanmu, padahal temanmu belum mengunggah apapun tentang bayi mereka lalu apa yang harus kamu lakukan? Segera hubungi temanmu (orang tua si bayi) baik melalui text ataupun telpon. Ucapkanlah selamat atas kelahiran bayi mereka. Berikanlah mereka perhatian dan tunjukkan bahwa kamu turut berbahagia atas kelahiran buah hatinya.
  • Saat sedang mengunjungi teman atau anggota keluarga yang baru saja melahirkan bayi mereka, biasanya mayoritas dari kita bersemangat untuk mengabadikan protret dari sang bayi. Tapi ingat, mintalah ijin dari orang tua si bayi jika kamu berniat mengunggah foto bayi mereka ke media sosial miliki. Jika mereka tidak mengijinkannya, simpanlah foto tersebut sebagai dokumentasi pribadimu. Hargailah setiap keputusan dari orang tua si bayi.

Mungkin kamu bertanya, mengapa kamu harus mengikuti aturan tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa pelaku pedofil sudah mulai merambah dunia maya, termasuk di media sosial, mereka dikenal sebagai pedofil cyber. Kami pun pernah membahas tentang pedofil cyber di sini.  Dengan mengikuti aturan di atas, diharapkan tidak ada lagi bayi dan anak-anak yang menjadi korban pedofil cyber.

Related Posts