6 Bahaya Ini Intai Pengguna VPN Gratisan!

Pemerintah memutuskan untuk membatasi akses media sosial (medsos) dan layanan perpesanan WhatsApp hingga waktu yang belum ditentukan, mulai Rabu (22/5). Ini dilakukan demi menekan penyebaran kabar hoaks di medsos dan WhatsApp, terlebih penyebarannya lebih cepat saat ada pihak-pihak yang membuat kerusuhan seperti sekarang.

Sejumlah warganet pun mengeluh atas keputusan pemerintah ini. Mereka membanjiri medsos seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan WhatsApp status dengan keluhan karena tidak bisa mengakses seperti biasanya.

Karena banyak keluhan tidak bisa update status, mengunggah, dan mengunduh gambar serta video, banyak warganet yang memilih untuk meng-install Virtual Private Network (VPN) gratisan. Sebagai informasi, VPN adalah sebuah koneksi antar jaringan yang sifatnya pribadi.

Ya, dengan memakai VPN memang bisa membuat kamu dapat mengakses internet seperti sediakala dan bisa mengunggah serta mengunduh gambar. Tapi taukah kalian kalau ada 6 dampak buruk dari pemakaian VPN gratisan yang akan kalian terima? Berikut di antaranya.

  • VPN Gratis Mengabaikan Keamanan Pengguna

Salah satu tujuan utama VPN adalah melindungi kamu dari peretas. Tapi nyatanya, lewat sebuah studi yang melibatkan 283 VPN dikatakan bahwa 38% di antaranya terinfeksi malware. Sebagian besar malware berupa iklan.

Selain itu, dengan menggunakan VPN gratis berarti kamu tidak memakai alamat IP kalian sendiri. Artinya, akan ada banyak pengguna yang menggunakan satu alamat IP. Menyeramkan, ya?

  • VPN Gratis akan Melacak Aktivitas Online-mu

Ini adalah salah satu dampak terburuk yang akan kamu terima jika mengunduh VPN gratisan.

Alasan kamu menggunakan VPN adalah untuk melindungi privasi. Namun nyatanya jika kamu menggunakan VPN gratis, aktivitas online-mu malah direkam karena faktanya 72% dari VPN gratis tertanam pihak ketiga (third party trackers).

  • Tidak Bisa Membuka Blokir Netflix

Bagi kamu yang mengunduh VPN gratis dengan maksud agar bisa menikmati Netflix, kamu salah besar. Nyatanya, tidak ada VPN gratis tidak bisa melewati blok dari Netflix.

  • VPN Gratis Memperlambat Internetmu

Jika kamu menggunakan VPN gratis, sudah pasti internetmu akan menjadi lebih lambat dari biasanya. Jika kamu ingin menggunakan VPN tapi dengan akses internet yang normal, tidak ada pilihan selain menggunakan VPN berbayar.

  • Gawaimu akan Dipenuhi Iklan

Alasan mengapa ada VPN gratis ini cukup jelas, karena para pengguna tidak mampu (atau tidak mau) membayar langganan. Maka dari itu VPN gratis mengakali pemasukan mereka dengan adanya iklan-iklan yang akan ditampilkan di gawai yang kalian install VPN gratis.

  • Aktivitas Onlinemu akan Direkam

Pemilik VPN gratisan bisa saja merekam trafik yang lewat melalui servernya. Kalau sudah merekam aktivitas online, ini akan berbahaya untuk keamanan data-data kalian.

Bayangkan, jika sedang berselancar di medsos bahkan saat sedang melakukan transaksi online direkam oleh pemilik server VPN? Sangat menyeramkan.

Jadi, apakah kalian masih ingin menggunakan VPN gratis setelah tau 6 bahaya di atas? Sebandingkah VPN gratis yang kalian unduh itu ditukarkan dengan informasi data milik kalian? Bijaklah dalam bermedia sosial.

Related Posts