6 Cara Jujur Membuat Trending Topik

 

trending-topikKita pernah membahas tentang trending topik di Twitter dalam tulisan Waspada Trending Topic Palsu!. Itu jika kamu ingin membuat sebuah trending topic dengan menggunakan jasa. Bagaimana jika kamu ingin berusaha sendiri? Jawabannya adalah mungkin, sangat mungkin. Tetapi kamu harus berusaha keras untuk mencapainya.

Apa saja usaha keras untuk membuat sebuah trending topik tanpa menggunakan jasa? Berikut kami akan berbagi tips menjadi trending topik dengan usaha sendiri:

  • Bagaimana Trending Topik Tercipta?

Menurut FAQs about trends on Twitter, Twitter menentukan trending topik menggunakan alogaritma. Alogaritma ini dihitung dari berapa orang yang meng-twit bukan jumlah twit yang ada. Serta sebuah trending topik bisa hilang jika kamu tidak mempertahankannya.

  • Memilih Hashtag

Kamu sudah memiliki topik sekarang saatnya membuat hashtag. Hastag yang baik tidak terlalu panjang. 1 frasa lebih baik daripada kita harus membuat 1 kalimat menjadi hashtag. Contoh hashtag yang baik adalah #SaveGajah, #SaveShark atau #ThanksArielNoah

  • Ajak Teman Untuk Meramaikan

Gunakan teman-teman kamu lebih baik dan keren. Daripada kamu menggunakan jasa yang menggunakan bot. Dengan mengajak teman membuat mereka menjadi peduli tentang isu yang sedang kamu buat. Oh ya, jangan memaksa jika mereka tidak mau.

  • Cari Perhatian Figur Terkenal di Twitter

Ajaklah figur terkenal di Twitter untuk meramaikan hashtag/topik yang kamu perjuangkan. Cara mengajak mereka adalah dengan obrolan dan jangan spam. Libatkan mereka dalam perkembangan trending topic kamu dan dapatkan manfaat yang besar.

  • Pertahankan Intensitas

Jaga intensitas topik yang ingin kamu sebarkan. Jangan tinggalkan begitu saja. Terus pantau, jika intensitas berkurang kamu harus menaikkan intensitas tersebut. Bisa ditwit ulang atau mengajak orang-orang untuk peduli terhadap isu kamu.

  • Jangan Menyerah

Jika topik kamu hari itu belum menjadi trending topik tetapi kamu merasa itu penting diketahui banyak orang. Kamu harus mencoba keesokan hari. Karena minimal, usaha kamu hari itu sudah berseliweran dan dibaca banyak orang. Kamu hanya perlu berusaha lebih keras lagi esoknya dan lihat hasilnya.

Membuat sebuah isu menjadi trending topik itu baik dan penuh perjuangan. Kalian bisa menggunakan 6 cara di atas. Akan tetapi jika hanya mengincar trending topik dan tidak membuat aksi nyata, isu itu menguap entah kemana. Jadi, selain menjadikan trending topik, gerakan kamu di dunia nyata juga harus dijaga. Semangat!