7 Perubahan Akibat Hadirnya Media Sosial

new-york-1548619

Sebelum ada Internet dan media sosial, apa yang terjadi pada kamu? Tidak ada kegelisahan untuk mengecek handphone atau rajin membaca media cetak. Mungkin juga kamu tidak usah cemas akan menemukan orang bersembunyi di balik anonimitas. Tapi apa yang dibawa oleh media sosial dalam hidup kita belakangan ini? Jawabannya ada banyak. Tanpa sadar kamu telah mendapatkan banyak perubahan di kehidupanmu karena kehadiran media sosial. Apa saja perubahan itu? Berikut kami jabarkan:

  • Update Berita yang Cepat

Media yang dulu terfokus di segmen media cetak sekarang beralih ke dunia digital. Berita-berita yang datangnya sehari sekali, sekarang datang dengan cepat dan selalu di-update. Kamu bisa mendapatkan berita kapan pun dan dimana pun.

  • Interaksi Dengan Beragam Orang

Media sosial tidak hanya terfokus pada update status, posting foto atau video. Media sosial membuat dirimu terkoneksi dengan orang lain. Hal ini memberikan efek kamu bisa berinteraksi dengan siapa saja dan tidak hanya dengan orang Indonesia.

  • Memunculkan Bisnis Baru

Tidak hanya bercengkrama dengan orang-orang. Media sosial membuat pola bisnis baru menggunakan media sosial. Promosi besar-besaran ditempuh melalui media sosial. Tidak hanya itu, ada banyak bisnis baru seperti buzzer, jasa trending topic atau pengelolaan sebuah akun.

  • Banyaknya Kata-kata Baru

Selfie, LOL, FYI adalah kata-kata baru yang hadir berkat media sosial. Tahu kata “galau”? Sebelum kehadiran media sosial dan tren terkini anak muda. Kata tersebut tidak sepopuler sekarang. Benar, bukan?

  • Efek di Dunia Politik

Kalian tahu pahitnya media sosial ketika pilpres kemarin. Banyak sekali kampanye yang positif dan negatif. Jelas sekali media sosial memberikan efek terhadap dunia politik, karena kampanye melalui media ini sangat mudah dan murah.

  • Menghadirkan Akun Anonim

Akun anonim bertebaran di media sosial. Terkadang akun anonim membuat kita tertawa atau kesal karena twit-twitnya. Apakah kita harus memusuhi akun anonim? Tentu tidak, kadang akun anonim berisi informasi yang bagus. Tetapi kita jangan sampai terprovokasi.

  • Hadirnya Seleb Medsos

Pernah mendengar Selebtwit? Selebgram? Atau Seleb Youtube? Mereka lahir karena kehadiran media sosial. Seleb-seleb tersebut muncul mewarnai kehidupan dunia medsos. Ada yang memanfaatkan untuk mencari uang atau hanya sekedar berkreasi.

7 hal di atas adalah perubahan dalam hidup kita oleh media sosial. Kamu pasti merasakannya. Pertanyaannya, apakah perubahan yang dihadirkan media sosial membawa dampak positif? Semuanya ada di diri kamu.

Related Posts