6 Resep jitu Agar Tak Kecanduan Media Sosial

6resep

 

(PoliTwika) Begitu bangun pagi, hal pertama yang kamu lakukan adalah meraih gadget, dan buka Twitter atau Facebook? Atau setiap kali ada waktu luang, kamu selalu memeriksa notifikasi media sosial? Itu artinya kamu sudah kecanduan media sosial.

Berapa lama kamu menatap layar gadget setiap hari? Sejak bangun tidur, berangkat kerja, di tempat kerja, pulang kerja, hingga mau tidur? Kecanduan media sosial sering tak disadari, tahu-tahu sudah bikin kita lupa segalanya. Tidak jarang pengguna media sosial mengabaikan orang-orang di sekitar.

Tenang, ada resep jitu agar kecanduan itu tidak makin parah. Ini dia resep-resepnya:

  1. Lakukan aktivitas fisik

Ini wajib dilakukan setiap bangun pagi. Dari tempat tidur sebaiknya langsut beranjak, jangan beri kesempatan untuk bermalasan memegang gadget. Lakukan jogging kecil, skipping, sit up, push up, atau olah raga ringan lain yang dapat dilakukan di rumah. Ini bikin kamu lupa dengan gadget.

  1. Jangan malas melayani diri sendiri

Habis olah raga, siapkan sendiri sarapanmu. Yang biasa dibuatkan sarapan oleh orang lain, coba untuk bantu mereka. Selama aktivitas itu, jauhkan gadget dari jangkauan.

  1. Perhatikan sekitar

Terbiasa sarapan sambil bermain Facebook atau Twitter? Segera ubah kebiasaan itu. Dengarkan radio, atau nyalakan TV, atau baca koran, jika kamu sendirian. Ada orang lain di rumahmu? Sarapanlah bersama, dan mengobrol. Itu jauh lebih sehat daripada berkutat dengan gadget.

  1. Luangkan waktu khusus

Mengurangi kecanduan bukan berarti menghapus semua aktivitas di media sosial. Luangkan waktu khusus untuk teman-temanmu di Twitter, Facebook, Path, Instagram, dan sejenisnya. Kapan itu? Bisa saat jam istirahat, menunggu sesuatu, ketika pekerjaan sedang santai. atau ketika kamu sedang sendiri.

  1. Utamakan orang di dekatmu

Makan siang bersama, hanging out bersama teman-teman, bertamu ke rumah orang, atau sedang di acara keluarga, akan sangat bagus kalau kamu sedikit melupakan gadgetmu. Utamakan perhatianmu ke orang-orang di dekatmu. Pakailah gadget sesekali saja saat dibutuhkan, seperti selfie, atau menjawab pesan masuk. Kamu kesal karena tetap ada saja orang yang asik dengan gadget-nya? Ajak dia bicara. Katakan bahwa kamu sudah berusaha melupakan gadgetmu, ajaklah agar dia melakukan hal serupa.

  1. Log out di saat tertentu

Banyak orang malas melakukan log out dari media sosialnya. Padahal dengan tidak log out maka notifikasi akan terus berdatangan. Sesekali, log out lah. Terutama ketika sedang mau beristirahat. Dengan begitu, saat kamu bangun esok paginya, kamu tak dibombardir oleh notifikasi dari media sosial.

 

Related Posts

  • Nurul NunuSyanlu

    Ya, memang betul hingga saat ini tidak sedikit pengguna media sosial kecanduan dengan yang namanya media sosial. Bahkan seseorang akan selalu menambah akun media sosial agar terasa lengkap dan uptodate dengan berbagai macam jenis media sosial. Bisa di bayangkan seseorang mengecek semua akun media sosial dan menggunakannya bergantian (misal : setelah cek twitter, cek path, ig dll.) selain mengganggu kesehatan seperti pusing kepala juga mengakibatkan orang tersebut menjadi kecanduan dengan media sosial, tentu itu bukan hal yang bagus. Maka dari itu saya sangat setuju sekali dengan resep (tips) pada artikel ini, paling tidak para ‘pecandu’ media sosial pelan-pelan bisa menghilangkan kebiasaan nya terhadap sosial media.