7 Aplikasi Wajib saat Musim Hujan

Indonesia, negara kepulauan yang terletak di wilayah Asia Tenggara ini dilintasi oleh garis khatulitiwa. Hal ini membuat negara dengan penduduk sebanyak 255 juta jiwa ini terasa sangat spesial.

Beberapa negara di sekitar garis khatulistiwa, salah satunya Indonesia hanya memiliki dua musim, yakni musim kemarau dan hujan. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak negara yang memiliki empat musim yakni musim panas, dingin (salju), semi, dan gugur.

Di Indonesia, musim kemarau dimulai pada bulan April hingga September di tiap tahunnya. Sedangkan musim hujan berlangsung sejak Oktober hingga Maret. Kini, Indonesia tengah berada dalam musim hujan.

Ada banyak cara untuk mengakali musim hujan yang sekarang tengah berlangsung, salah satunya adalah menggunakan smartphone. Contohnya adalah mengunggah aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita saat musim hujan tiba.

Berikut ini, Politwika telah menyusun 7 aplikasi yang wajib diunggah saat musim hujan.

 

1. Google Now
1spwoaoirsaphh88uup45tbebvgs0kpq8mxrn
Google Now

Google Now merupakan aplikasi bawaan dari Android. Selain lewat Android, aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini juga bisa diunggah lewat iOs serta diakses melalui Google Chrome. Google Now memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan yang terpenting aplikasi ini bisa memperkirakan cuaca di sekitar kalian.

 

2. Hidrometeorologi
screen-shot-2016-10-11-at-10-30-45-am
Hidrometeorologi

Aplikasi berbasis Android ini menyajikan data dan informasi hidrometeorologi dalam bentuk peta interaktif yang menampilkan informasi hujan bulanan, prakiraan hujan bulanan, prakiraan musim, dll. Hidrometeorologi bersumber dari BMKG Pusat Jakarta dan BMKG seluruh provinsi di Indonesia.

 

3. Info BMKG
screen-shot-2016-10-11-at-10-32-41-am
Info BMKG

Hampir serupa dengan Hidrometeorologi, Info BMKG juga menyajikan data dan informasi yang bersumber dari BMKG Pusat Jakarta dan BMKG seluruh provinsi di Indonesia. Selain memberikan informasi cuaca dan iklim, Info BMKG juga memberikan info seputar kualitas udara, gempa bumi, press release atau info teraktual dari BMKG.

 

4. Siaga Banjir
screen-shot-2016-10-11-at-10-34-08-am
Siaga Banjir

Sama seperti dua aplikasi di atas, Siaga Banjir juga dibuat oleh anak bangsa. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk membantu mitigasi banjir bagi kalian yang tinggal di DKI Jakarta. Siaga Banjir juga membekali para penggunanya tentang informasi banjir serta beberapa tool pendukung sehingga dampak buruk banjir dapat dicegah atau dikurangi.

 

5. Waze
screen-shot-2016-10-11-at-10-36-11-am
Waze

Saat kita ingin bepergian saat musim hujan, Waze bisa menjadi aplikasi yang sangat berguna. Dari aplikasi ini, kalian bisa mengetahui daerah mana yang banjir akibat hujan dan menghindari wilayah tersebut dengan jalan alternatif yang disarankan Waze.

 

6. Twitter
twitter-e-face
Twitter dan Facebook

Aplikasi media sosial seperti Twitter dan Facebook pun sangat berguna saat musim hujan. Kalian bisa membaca berita lewat Twitter dan Facebook jika ada kabar terkini tentang hujan dan banjir di beberapa titik. Selain itu, kalian juga bisa memantau situasi cuaca dari beberapa akun Twitter dan Facebook.

 

7. GO-JEK
GO-JEK

Siapa yang belum tahu aplikasi GO-JEK? Saat musim hujan, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk kalian yang ingin pergi ke tempat tujuan tapi tidak ingin kehujanan atau sekedar malas berkendara saat hujan. Jika kalian ingin membeli makan tapi cuaca di luar sedang hujan, kalian juga bisa memanfaatkan GO-FOOD yang dikembangkan GO-JEK.

 

Nah, 7 aplikasi di atas pasti akan mempermudah kalian saat musim hujan seperti sekarang tiba. Jangan lupa, sedia payung sebelum hujan!

Related Posts