7 Fakta Seru Wanita dan Online Shopping

7 fakta seru wanita dan olshop politwika

Sepertinya kalimat “Wanita tidak bisa dipisahkan dengan shopping” memang benar adanya. Shopping merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh hampir semua wanita di seluruh dunia. Terutama jika ada barang yang mendapatkan diskon. Tak jarang, wanita “kalap” menghadapi hal tersebut. Betul, ladies?

Di era serba digital seperti saat ini, wanita lebih mudah untuk melakukan shopping. Adanya sosial media seperti Twitter, Facebook, dan Instagram juga sangat membantu para wanita yang tidak memiliki waktu untuk shopping secara langsung (offline).

Penelitian terbaru AdWeek menunjukan bahwa mereka menemukan beberapa hal menarik, terutama yang berkaitan dengan bagaimana wanita berbelanja secara online. Penelitian ini melibatkan 11.000 pengguna internet wanita berusia 18 tahun ke atas.

Penelitian tersebut menemukan bahwa :

  1. 94% atau 10.340 wanita terlibat untuk online shopping secara aktif di internet.
  2. 31% atau 3.410 wanita berinteraksi/mencari barang-barang yang ingin dibelanjakan secara online setiap harinya.
  3. 90% atau sekitar 9.900 wanita lebih suka online shopping menggunakan ponselnya.
  4. 53% atau 5.830 wanita melakukan online shopping lewat laptop.
  5. 81% responden atau 8.910 wanita lebih tertarik menggunakan platform Instagram untuk online shopping.
  6. Facebook menjadi platform terbanyak kedua untuk online shopping, yaitu digunakan sebanyak 79% atau 8.690 wanita.
  7. Tempat ketiga hingga kelima platform yang paling banyak digunakan wanita untuk berbelanja online adalah Pinterest sebanyak 56% (6.160 wanita), Youtube sebanyak 51% (5.610 wanita), dan Twitter sebanyak 43% (4.730 wanita).

Kemudian penelitian tersebut juga menjabarkan bahwa rata-rata wanita mem-follow akun toko atau merek yang mereka sukai di medsos. Hal tersebut dilakukan untuk memberi mereka update terbaru terkait diskon dan promosi yang ada.

Ketika responden diberikan pertanyaan “Apa yang membuat kalian membagikan konten di media sosial?”, 91% atau 10.010 wanita memilih jawaban “Saya suka konten tersebut dan ingin membagikan dengan followers saya”, dan 59% atau 6.490 wanita memilih jawaban “Saya suka merek/produk/layanan itu”.

Kedua jawaban tersebut berhubungan dan ada dalam motivasi di balik perilaku membagikan konten (share post), yakni sebagian besar orang membagikan konten di medsos karena mereka merasa senang dengan konten tersebut. Hal ini menjadi pertimbangan penting dalam proses pembuatan konten.

Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar perempuan (67%) tidak keberatan jika mereka dibagikan konten promosi karena mereka merasa terbantu untuk mempelajari hal baru tentang produk tersebut. Lalu 91% wanita menganggap konten promosi yang dibagikan kepada mereka sangat mengganggu dan bagian dari spam.

Jadi, banyak sekali fakta-fakta menarik wanita dan online shopping, ya!

Related Posts