7 Kiat Agar Selalu Update di Twitter

7kiat

 

(PoliTwika.Com) Sudah mem-follow banyak akun, punya gadget canggih, tapi masih merasa ketinggalan info dan gaptek? Berarti ada yang salah dengan kebiasaanmu.

Menurut Global Web Index, hampir semua media sosial dimiliki oleh pengguna internet Indonesia. Mereka berusia antara 25-40 tahun, dan mempunyai smartphone ataupun tablet. Facebook dan Twitter merupakan dua layanan media sosial yang terbanyak dimiliki pengguna medsos Indonesia.

Dengan data itu, semestinya pengguna medsos kita bisa selalu update dengan info dan ngga gaptek dong ya? Tapi masih ada aja lho yang sering ketinggalan update informasi dan gaptek. Gimana cara agar ngga begitu? Nih, ada beberapa trik yang bisa dipraktikkan:

  1. Follow beragam akun berita

Jangan cuma berita infotainmen, tapi juga berita politik, ekonomi, dan teknologi. Kamu ngga mau ketinggalan isu politik kan? Ngga mau juga dibilang gaptek karena kurang paham apa guna aplikasi terbaru di gadget, atau bagaimana mengantisipasi virus komputer? Makin beragam jenis akun berita yang kamu follow, makin luas wawasanmu.

  1. Follow akun para pakar

Di Twitter ada banyak pakar beragam bidang yang dengan senang hati berbagi ilmu dengan follower. Mereka sering kultwit dan ngga pelit menjawab mention followernya. Follow-lah mereka, dan simak apa isi kultwitnya. Sesuaikan jenis kepakaran mereka dengan bidang yang kamu geluti. Misalnya kamu menekuni bidang politik, follow lah akun-akun politisi. Yang menekuni bidang teknologi bisa follow akun-akun pengamat teknologi.

  1. Follow akun yang tidak sepaham

Mem-follow akun orang–orang yang sepaham atau sevisi denganmu sudah hal biasa. Bagaimana kalau mem-follow mereka yang memiliki paham atau ideology yang bertentangan denganmu? Rasanya sangat menantang. Kita jadi bisa tahu apa isi pikiran mereka, aktivitas mereka, sampai kebiasaan mereka. Kamu pun bisa jadi terpancing untuk mengetahui lebih banyak tentang mereka. Sangat memperluas wawasan, lho.

  1. Jeli terhadap obrolan

Obrolan atau convo di media sosial kerap kita pandang remeh. Padahal sering kali dari obrolan ini muncul suatu pencerahan. Obrolan ini bisa diskusi, twitwar, atau sekadar saling mention antar beberapa akun. Topiknya kadang menarik, dan ternyata merefkelsikan opini atas kondisi terkini.

  1. Siaga dengan data

Banyak orang yang senang berbagi data di media sosial. Bisa jadi hanya berupa link untuk diklik. Siagalah dengan info data semacam itu, sebag siapa tahu kelak kamu membutuhkannya. Yang sering berbagi data biasanya adalah para aktivis LSM atau instansi pendidikan, lembaga survei, dan sejenisnya

  1. Bikin list

Merasa kewalahan menyimak update informasi dari akun-akun yang kamu follow? Manfaatkan fitur List di Twitter. Dengan begini kamu bisa membuat kategori akun berdasar topiknya. Ketika kamu memerlukan update tentang olah raga, bisa mengklik List yag berisi akun-akun tentang oleh raga.

  1. Menakar tagar

Tagar alias hashtag sering berseliweran di linimassa. Tagar ini bergungsi untuk memudahkan pencarian topik sejenis. Ada pula yang memanfaatkannya untuk menaikan suatu isu agar masuk ke Trending Topics. Kamu bisa memeriksa apa yang sedang trend saat ini dari tagar yang paling banyak beredar di Twitter.

Related Posts

  • Nurul NunuSyanlu

    Setuju banget nih, biar makin update harus follow akun akun yang up to date juga 🙂
    Pastinya gak cuma 1 akun yg kita follow, biar berita/ilmu yang kita dapat bisa lebih banyak.