7 Medsos Jadul Terpopuler

 7jadul
Apa media sosial terpopuler? Mungkin kebanyakan orang akan menjawab Facebooj, Twitter, Instagram, Path dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu, jauh sebelum Facebook dan kawan-kawannya menjadi populer seperti sekarang ini ada banyak media sosial lain yang lebih dulu populer.
Bagi kamu yang merasakan era kejayaan warnet atau warung internet dengan speed internet yang super duper menguji kesabaranmu, kemungkinan besar pasti memiliki andil dalam mempopulerkan media sosial jadul berikut ini:
  • Friendster
Friendster
Lebih populer dengan sebutan ‘FS’, Friendster dibuat oleh programmer komputer, Jonathan Abrams di tahun 2002. Secara keseluruhan, fitur yang ada di Friendster memang tidak sebaik Facebook, namun Friendster memiliki fitur unik yang tidak dimiliki kebanyakan media sosial populer saat ini, yakni Who’s Viewed Me untuk melihat siapa pengguna yang melihat profil akun Friendster kita. Selain itu, Friendster juga menyediakan template design gratis untuk para penggunanya.
  • mIRC
Mirc-uporaba
Layanan chatting online yang diciptakan oleh Khaled Mardam-Bey pada tahun 1995 ini memungkinkan penggunanya di seluruh dunia saling terhubung. Keunikan mIRC terletak pada hak penggunanya untuk menyembunyikan identitas aslinya. Selain itu, salah satu istilah yang menjadi ciri khas mIRC adalah ‘asl pls’ yang memiliki arti ‘Age, Sex Location Please”.
  • Live Connector
liveconnector
Sebuah layanan serupa Friendster yang memungkinkan penggunanya untuk chatiing, forum dengan pengguna lainnya. Sayangnya, layanan buatan Indonesia ini hanya tinggal kenangan saja.
  • Mailing List
bombersht
Group diskusi di Internet ini memungkinkan para anggotanya bisa saling membaca dan mengirim email. Mailing List atau lebih sering disebut Milis terbagi dari berbagai berdasarkan berbagai macam topik, mulai dari milis umum, milis tentang bidang ilmu tertentu dan lain sebagainya. Sampai saat ini, milis masih memiliki tempat tersendiri di hati para penggunanya.
  • Yahoo Messager
yahoo-messenger-11.5.0.192-3_1024x768
Serupa dengan mIRC, Yahoo Messanger atau YM juga  sebuah layanan chatting. Hanya saja, YM memiliki lebih banyak keunggulan jika dibandingkan mIRC. YM dilengkapi dengan panggilan voice, webcam, game bahkan emoticons yang menjadi cikal bakal lahirnya emoji yang sangat populer saat ini.
  • eBuddy
ebuddy-beta-comparison
Sebuah aplikasi pengirim pesan instan melalu jaringan internet, eBuddy mendukung beragam layanan pengirim pesan instan seperti YM, AIM, Facebook dan lain sebagainya. eBuddy yang pertama kali diluncurkan tahun 2003 oleh Paulo Taylor bekerja keras mengikuti perkembangan arus media sosial, terbukti di tahun 2009, eBuddy berhasil meluncurkan aplikasi untuk perangkat Android.
  • My Space
Profile
Didirikan tahun 2003, MySpace merupakan media sosial yang sejenis Friendster yang memiliki tampilan profil pribadi penggunanya. Hanya saja, lebih daripada Friendster, MySpace memiliki fasilitas khusus untuk para musisi, di mana penggunanya dapat mencatumkan genre musiknya dan memasang sebanyak 6 demo lagu dalam satu akun MySpace. Selayaknya Friendster, MySpace juga menyediakan berbagai macam template design yang  bisa kamu gunakan.
Jadi, kamu pernah turut meramaikan media sosial diatas? Jika pernah, berarti kamu sudah mulai tua! Hehehehe

Related Posts