7 Tipe Follower Twitter, yang Manakah Kamu?

ilustrasi-follower{PoliTwika.Com} Follower banya, tidak selalu menyenangkan. Sebab itu berarti makin banyak pihak yang akan menyimak tweet kita. Makin banyak juga risiko yang diambil. Sebab yang namanya follower tidak selalu mengiyakan isi tweet kita. Bahkan ada saja follower yang sering mencari cela dari tweet kita, untuk diserang, di-bully, atau sekadar diledek. Ada banyak tipe follower, sesuai dengan motif mereka mem-follow kita. Kita pun mem-follow suatu akun dengan alasan berbeda-beda. Tidak selamanya akun yang kita follow adalah akun teman kita. DIlihat dari motif itu, ada setidaknya 7 tipe follower. Apa saja itu?

  1. Tipe fans setia

Follower jenis ini akan mem-follow akun sosok yang diidolakannya. Entah itu akun artis, politisi, penulis, selebtwit, atau penulis. Selayaknya fans, follower tipe ini akan mengiyakan semua tweet sang idola, bahkan ada kecenderungan memuja. Kalaupun mengkritik, akan disampaikan dengan sopan. Jika idolanya diserang akun lain, follower yang merupakan fans setia ini siap membela habis-habisan. Bahkan tak segan terlibat twitwar demi idolanya. Dia juga rajin me-retweet tweet sang idola, kendati tweet itu tidak penting untuk sebagian orang.

  1. Tipe pencari informasi

Sesuai namanya, follower tipe ini mem-follow akun demi bisa mencari informasi sebanyaknya. Akun yang di-follow biasanya sangat beragam, mulai akun berita, akun para pakar, akun jurnal, dan segala jenis akun yang informatif. Tipe ini berani mem-follow akun yang ideologinya saling berseberangan, sebab dia memang ingin memperluas wawasan. Follower tipe ini tidak ragu untuk bertanya, bersikap kritis, terlibat diskusi, dengan akun-akun yang dia follow. Dia juga senang berbagi informasi dengan me-retweet tweet yang informatif.

  1. Tipe pencari teman

Salah satu fungsi media sosial adalah untuk mencari teman, memperluas jaringan. Jadi jangan heran kalau banyak follower yang mem-follow suatu akun dengan harapan bisa berteman dengannya. Tipe ini biasanya ramah, suka menyapa akun yang dia follow. Tak malu-malu mengajak ngobrol di timeline. Jika dirasa cocok dengan suatu akun, dia akan mengarah ke hubungan yang lebih pribadi, misalnya meminta kontak melalui DM. Memang banyak pertemanan yang diawali dengan saling follow di Twitter. Yang sukses bahkan bisa menjadi teman bisnis, atau bahkan teman hidup alias pasangan suami istri.

  1. Tipe social climber

Tidak ada salahnya menjadi social climber, selama masih dalan batas wajar, tak merugikan pihak lain. Twitter menjadi salah satu kendaraan bagi para social climber. Follower jenis ini akan mem-follow akun-akun yang dia nilai levelnya di atas level sosial dia. Misalnya, lebih kaya, lebih ngetop, lebih sukses, dan seterusnya. Follower tipe social climber akan mengakrabkan diri ke circle itu, dan berusaha menjadi bagian dari mereka. Kalau teknik pendekatannya pas, dia bisa diterima di circle itu, dan sukses lah dia sebagai social climber.

  1. Tipe stalker

Sesuai namanya, follower tipe stalker melakukan pengintaian diam-diam ke akun yang dia follow. Dia ingin tahu banyak soal sosok di balik akun itu. Biasanya tipe stalker tidak terlalu aktif berinteraksi dengan akun lain, karena lebih banyak mengamati. Tipe ini agak mirip dengan tipe pencari informasi, namun tidak seaktif mereka. Silent reader, begitu istilahnya. Mereka adalah pengamat atau penganalisa yang jitu, terlepas dari motif mereka melakukan pengintaian.

  1. Tipe penyerang

Agak mirip dengan tipe stalker, follower tipe penyerang lebih agresif. Dia banyak memantau tweet-tweet akun yang difollow, dan siap menyerang setiap menemukan sesuatu yang “salah” dengan tweet itu. Biasanya tipe penyerang memang sengaja mencari kesalahan akun-akun yang dia follow. Siapa bilang banyak follower itu menyenangkan? Kalau kamu difollow tipe ini, siap-siap saja membela diri atau menekan tomblok “block” kalau sudah frustasi.

  1. Tipe kombinasi

Ini adalah follower yang merupakan kombinasi dari tipe-tipe di atas. Mereka bisa jadi tipe pencari teman yang sekaligus juga pencari informasi, sekaligus juga social climber. Tipe ini paling banyak ditemukan di Twitter, sebab memang pengguna Twitter memanfaatkan media sosial itu untuk banyak tujuan.

Nah, kamu termasuk follower tipe apa?

Related Posts