8 Hal yang ‘Haram’ Dibagikan di Media Sosial Pebisnis

Halo, Teman! Pastinya kamu mempunyai akun media sosial, bukan? Apakah kamu juga menggunakan media sosialmu sebagai tempat untuk mempromosikan bisnismu? Mungkinkah unggahanmu membuatmu jadi terlihat tidak profesional dan membuat orang lain meng-unfollow akunmu?

Berikut ini kami akan membagikan tentang delapan hal yang ‘haram’ kamu unggah di media sosialmu, agar followers-mu tidak meng-unfollow akunmu. Disimak, ya!

  1. Mengunggah Hal-hal Negatif Tentang Pelangganmu

Mengunggah hal negatif yang berkaitan dengan pelangganmu adalah ide yang buruk. Apabila memiliki pengalaman negatif dengan pelangganmu itu memberimu motivasi untuk membagikannya di media sosial, tunggulah beberapa hari kemudian baru mengunggahnya.

  1. Konten Viral yang Tidak Relevan

Misalnya, kita melihat ada kecelakaan lalu lintas dan mengakibatkan banyak korban. Ya, memang itu benar terjadi. Tapi bukan berarti itu termasuk ke dalam hal yang bisa kamu bagikan di media sosialmu. Cobalah untuk membatasi konten mana yang perlu dibagikan sesuai dengan audiensmu. Atau bisa juga membuat waktu khusus untuk membagikan konten di luar jalurmu.

  1. Masalah Politik atau Agama

Bila kamu ingin membagikan pemikiran serta pendapatmu tentang masalah politik dan/atau agama, lakukanlah sesuai dengan pengetahuan yang kamu miliki dan perhatikan juga risikonya. Karena belum tentu semua audiensmu setuju dengan apa pendapatmu, walaupun itu benar adanya.

  1. Konten yang Tidak Diperbaiki Dengan Benar atau Edit

Media sosial bisa jadi tempat yang santai, namun itu bukan berarti kamu bisa mengunggah hal yang kurang profesional, bahkan beberapa kesalahan bisa membuat konten yang kamu buat tampak amatir dan tidak profesional. Selain itu, berhati-hatilah jika ingin menerjemahkan kontenmu untuk audiens Internasional.

  1. Upaya untuk Memanfaatkan Suatu Tragedi atau Kejadian

Ketika kemarin sedang ramai tentang tragedi kemanusiaan terhadap Etnis Rohingya, banyak sekali yang menyebarkan gambar-gambar serta pemberitaan yang sebenarnya tidak berkaitan dengan tragedi tersebut melalui media sosialnya. Inilah yang perlu dihindari untuk meminimalisir penilaian mengenai eksploitasi sinis terhadap suatu kejadian.

  1. Terlalu Banyak Konten Promosi

Tujuan dari media sosial adalah membangun pengaruh, meningkatkan brand awareness dan mengembangkan hubungan baik dengan pelanggan. Setidaknya 80% dari konten media sosialmu harus didedikasikan untuk hal-hal itu. Perhatikan dalam memberikan informasi, mendidik, menghibur dan juga terlibat.

  1. Mengunggah Hal yang Menyesatkan

Judul adalah hal yang harus diperhatikan. Seharusnya judul tidak menyesatkan dan sesuai dengan konten yang dibagikan.

  1. Konten yang Tidak Terikat

Tidak masalah berbagi konten-konten yang relevan dengan pengikutmu. Ini merupakan strategi yang brilian untuk mengisi kontenmu. Namun, pastikan untuk memberikan jangka waktu untuk mengunggah konten tersebut.

Itulah tadi beberapa hal yang ‘haram’ untuk kamu unggah di halaman media sosialmu. Karena walaupun media sosial merupakan wadah untuk kita mengeluarkan keluh kesah serta pemikiran kita, namun diperlukan adanya kontrol agar tetap berada pada jalurnya.

 

Sumber : http://www.socialmediatoday.com/news/8-things-you-should-never-share-on-social-media-infographic/506744/

Related Posts