8 Sosok Kreatif yang Sukses Berkat Media Sosial

{PoliTwika.Com} Kalau masih ada yang berpikir bahwa Facebook, Twitter, Instagram atau YouTube hanya untuk main-main dan buang waktu, wah salah besar. Apa dia belum tahu kalau ada banyak orang yang bisa meraup rezeki dari media sosial?

Ya, banyak profesi yang bisa sukses berkat kreativitas mereka memanfaatkan media sosial. Awalnya hanya hobi, kelamaan jadi profesi. Siapa saja mereka?

1.    Brandon Stanton, fotografer, pemilik HONY

Tahun 2010 Brandon kehilangan pekerjaannya, dan menekuni fotografi kandid. Dia berkeliling New York dan memotret orang-orang di sana, lalu memostingnya di Facebook.  Foto-fotonya disukai banyak orang, hingga memanen 12 juta likes di laman FB-nya. Dari situ dia sukses menjual foto-fotonya untuk produk cetak, buku, majalah, dan banyak lagi. Kini Brandon menjadi fotografer sekaligus pebisnis yang dikenal murah hati, sebab sering menyumbangkan hasil penjualan fotonya untuk program kemanusiaan. Setidaknya dia sudah menyumbang 500.000 dolar dalam waktu 6 bulan saja.
2.    Jeff Goins, penulis dan blogger

Dua tahun lalu, Jeff Goins mundur dari pekerjaannya untuk menjadi penulis penuh waktu. Kini dia menjadi penulis dengan pendapatan fantastis. Kunci suksesnya diawali dengan media sosial blog, Goinswriter.com. Blog ini terhubung dengan Twitter, Facebook, Linkedin, dan Google+, sehingga semua tulisannya banyak dibaca orang, dan menghasilkan dollar. Dengan menulis di blog dengan hanya 10 jam per minggu, Jeff mendapatkan income yang lebih besar dari pekerjaannya dulu. Dari menulis blog, Jeff juga sukses dengan ebook yang menghasilkan 1500 dolar di minggu pertamanya saja.
3.    Grace Ciao, Desainer fashion dan seniman

Inilah contoh seniman yang tak sengaja menjadi pengusaha berkat media sosial. Hobi mendesain membuat Grace Ciao iseng memosting karya desainnya di Instagram. Ternyata coretan-coretan isengnya membuat Grace popular, dan disukai banyak orang. Sejak itu dia menjadi illustrator penuh waktu yang menerima pesanan dari Instagram-nya. Bahkan dia sudah kewalahan menerima orderan yang membanjir.

4.    Rosanna Pansino, pembuat kue dan YouTuber

Jangan remehkan hobi membuat kue. Rosanna Pansino menjadi pengusaha sukses di bidang ini berkat kegemarannya memanggang aneka roti. Bukan sekadar memanggang, Rosanna juga memvideokannya, kemudian mengunggahnya ke YouTube. Bahkan dia punya kanal YouTube khusus dengan pelanggan berjibun, yaitu 3,6 juta orang. Kanal yang diberi nama Nerdy Nummies itu membuat nama Rosanna melambung, menjadi pembuat kue terkenal di seantero negeri dan tentu saja dia kaya raya karenanya.

5. Lauren Bath, traveller dan Instagrammer professional

Apa itu professional Instagrammer? Bisa tengok apa yang dilakukan Lauren Bath. Pehobi jalan-jalan ini bukan saja dibayar atas apa yang dipostingnya di Instagram, tapi juga dibiayai untuk jalan-jalan. Lauren bisa dikatakan sebagai Instagramer professional dari Australia. Dia resign dari pekerjaannya untuk mengikuti passion-nya sebagai fotografer dan traveller. Siapa nyana dia justru mendapatkan sponsor dari Nikon dan Tourism Boards untuk berjalan-jalan sepuasnya?njj

6. Lain Ehmann, scrapbooker dan blogger  Layout a Day

Jika kamu menginginkan hobimu untuk membawamu menjadi orang sukses kalian harus belajar dari dirinya. Lain Ehmann memulai karirnya berasal dari hobinya tentang Scrapbook. Dia membuat blog tentang pembuatan Scrapbook yang inovatif. Dari blog tersebut dia menjadi sukses dan cara membuat Scrapbooknya yang unik menjadi terkenal.
7.     Brittany Furlan, Aktris dan Komedian Vine

Dunia media sosial membuat seseorang aktirs dan komedian seperti Brittany menjadi terkenal. Melalui Vine mengupload video-video lucunya dan hingga sekarang pendapatannya sudah sangat menabjukan. Dengan 8,9 juta followers dan penghasilan sebanyak $7.000 – $20.000 per minggu.

8.     Liz Meghan, Youtubers dan Makeup Artist

Bagi wanita, makeup adalah semacam keperluan. Tapi bagi Liz, hobinya merias diri bisa membawanya menjadi terkenal. Dia sangat rajin mengupload video cara makeup dirinya sendiri. Sekarang? Dia memiliki total lebih dari 670.000 sucribers. Dia mengatakan bahwa dirinya hidup dari videonya yang  dibayar Youtube dari iklan-iklan yang tampil di sana

Related Posts