9 Tips Promosi Blog Paling Oke!

ilustrasiblog

Di antara kalian ada yang suka ngeblog? Kepengen dong blognya ngehits sampe dilihat banyak orang? Kali ini Politwika bakalan kasih tips-tips supaya promosi blog kalian berhasil booming. Kali ini bukan asal cuap aja, tapi tips-tips yang bakal ditulis di sini memang bersumber dari para ahli marketing teratas di dunia. Yuk langsung aja.

  1. Buatlah Blog yang Keren

Blog yang keren itu seperti apa sih? Keren atau ngganya suatu blog itu dilihat dari konten yang ditawarkan. Konten itu harus bermanfaat, unik dan memiliki kekuatan bercerita. Kalau kalian sudah sering posting asal-asalan di Blog, coba deh review lagi, bermanfaat gak sih postingan kalian untuk orang banyak?

Chris Brogan CEO & President-nya Human Business Works juga mengatakan demikian, konten kalian itu setidaknya harus ‘berisi’ dan memiliki manfaat. Kalau kalian ngga tau apakah isi konten kalian bermanfaat atau tidak, kalian bisa coba ajukan pertanyaan kepada audience kalian loh.

Selain bermanfaat, konten tersebut juga harus memiliki keunikan tersendiri. Kira-kira nih, konten kalian sudah cukup unik belum? Kalau belum coba pikirin lagi, nilai jual kayak apa sih yang bisa kalian berikan, dan kenapa orang-orang harus menyempatkan diri mengunjungi halaman Blog kamu? Hal ini juga diungkapkan oleh Peter Sandeen si Online Conversion Specialist di petersandeen.com. Kalau John Lee Dumas Foundernya Enterpreneuronfire, konten kalian itu harus memiliki kemampuan untuk bercerita. John lebih senang kalau pengunjungnya pada akhirnya juga berbagi cerita tentang pengalaman pribadinya, dan pelajaran apa yang mereka dapat dari pengalaman tersebut. Selain itu menurut Gregory Ciotti dari Help Scout mengutip artikel-artikel original dari para ahli juga penting loh, dari sana kalian bisa membangun argumen kalian sendiri. Dan jangan lupa juga untuk update isu-isu terhangat, respon cepat terhadap isu-isu yang lagi ngetop dengan perspektif kalian yang berbeda ternyata juga dijadikan senjata oleh Larry Kim dari Wordstream.

  1. Pastikan Blogmu Gampang Dicari

Menurut Joost de Valk dari YOAST, membuat konten menarik itu bagus tapi jangan sampai konten menarik itu sia-sia karena gak gampang dicari. Pastikan sebelum lebih jauh kalian riset menggunakan kata-kata kunci yang tepat.

  1. Kita adalah Makhluk Visual

David Leonhardt, Chief SEO Consultant & Writer pernah mengatakan bahwa kebanyakan orang merasa malas sekali membuat ilustrasi original untuk dipajang pada artikelnya. Mereka lebih memilih untuk memakai stock foto yang sudah ada supaya gak ribet, walaupun terkadang gambar yang disajikan tidak sinkron dengan judul artikel yang kita buat. Makanya kenapa sih kita gak luangin waktu aja sekitar 20 menit untuk buat ilustrasi tersebut? Untuk membuatnya terlihat lebih efektif, Cynthia Sanchez dari Oh So Pinteresting juga menganjurkan untuk menggunakan text overlay pada gambar tersebut. Selain itu gambar juga ternyata bisa ningkatin traffic pengunjung loh kalau kita share ke social platform seperti Facebook dan Pinterest. Selain text dan ilustrasi paduan font dan ukurannya juga bisa menentukan respon yang kita dapatkan dari audience, karena tidak seluruh audience tidak memiliki kesibukan maka semakin menarik penampilan artikel atau konten yang kita miliki maka semakin tinggi pula ketertarikan mereka. Jadi visual content itu sangat penting loh, semakin kuat visual content-nya maka akan semakin diminati pula nih menurut Lindsay Ostrom seorang Food Blogger Pro.

  1. Membangun Networking

Sebelum membangun networkin di dunia maya ada baiknya kalian membangun networkin dan relationship di dunia nyata terlebih dahulu karena akan memberikan hasil jangka panjang dan juga mampu untuk membangun loyal audience bagi konten Blog yang kita miliki. Mark Traphagen dari Stone Temple Consulting mengatakan, jagalah loyal audience kalian buatlah mereka merasa spesial dengan postingan baru yang menarik. Carol Lynn Rivera dari Web Search Social juga mengatakan bahwa internet adalah hubungan ekonomi, kamu diharuskan memberi untuk menerima, meski melalui proses yang panjang, tapi hasilnya akan sangat memuaskan.

  1. Ketahuilah Target Audience Kalian

Carol Amato dari carolamato.com menganjurkan untuk menjadi pemecah permasalahan-permasalahan yang dialami target audience kalian. Dengan begitu kalian akan dianggap memiliki kredibilitas untuk membantu mereka memecahkan permasalahan-permasalahannya.

  1. Bangun Hubungan Lebih Intim dan Personal Melalui E-mail

Beberapa orang merasa lebih ‘dianggap’ ketika kita menghubunginya secara personal. Hal ini juga bisa dilakukan untuk artikel-artikel kalian di Blog, namun tentu harus masih dalam koridor orang-orang yang relevan.

  1. Distribusi Target Post

Jason Acidre dari Xight Interactive pernah mengatakan untuk share postingan artikel kita ke orang yang pernah menuliskan konten yang hampir serupa dengan perspektif berbeda agar terjadi ruang diskusi. Selain itu promosi juga memiliki posisi yang penting tapi jangan asal-asalan. Contoh, jika kalian memilih Buzzer untuk mempromosikan, maka pilihlah di antara mereka yang paling sedikit pernah mempromosikan konten yang serupa dengan kalian.

  1. Maksimalkan Kekuatan Sosial Media Kalian

Lakukanlah riset waktu-waktu manakah yang paling aktif digunakan oleh sasaran audience kalian. Kemudian share postingan kalian ke lebih banyak platform akan jauh lebih berguna, kata James Clear dari jamesclear.com. Kalau kalian memakai Twitter, coba deh untuk nge-share berkali-kali dengan interval. Contoh Tweet #1 at 11.00 Tweet #2 at 02.00 Tweet #3 at 05.00. Dan jangan lupa loh untuk tetap promosikan konten-konten lama kalian, supaya followers baru kalian bisa juga menikmati konten lama.

  1. Let’s do this!

Yuk langsung dipraktekin, setiap bangun tidur di pagi hari coba ambil daftar strategi dan taktik serta tips-tips yang ada di atas agar bisa langsung dipraktekkan biar keren!

Related Posts