Andai Dunia Tanpa Media Sosial, Apa Kita Bisa?

Pernahkah kita membayangkan dunia tanpa media sosial? Tentu gampang sekali membayangkannya. Kita coba tanya kepada generasi ayah-ibu kita. Dimana mereka tentu masih bisa hidup dengan bahagia, bukan? Tapi itu hal lain, bagaimana dengan zaman sekarang? Ketika dimana-mana orang harus memiliki minimal 1 handphone yang kekinian. Iya, kekinian, handphone yang memiliki kemampuan untuk mengakses internet dan aplikasi dengan tanpa hambatan.

Tentu banyak sekali yang berusaha membandingkan, sebut saja akun Twitter generasi 90an. Di mana anak-anak kecil pada saat itu masih bahagia dengan permainan kelereng, petak umpet, minta jongkok, atau main benteng. Tapi keadaan itu sangat beda dengan sekarang, dimana anak SD saja sudah terkenal dengan akunnya di Ask.Fm.

Mungkin ini ada beberapa kemungkin, jika di zaman sekarang tidak ada media sosial di kehidupan kita.

  1. Mungkin kalian akan kesepian ketika menunggu di sebuah kafe. Hal ini berbeda ketika ada media sosial. Kalian bisa melihat timeline dan seakan-akan memiliki teman
  2. Kalian akan sering banyak membaca karena informasi akan sulit didapat. Berbeda jika ada media sosial, kanal-kanal media pasti juga memiliki akun untuk update berita-beritanya.
  3. Kalian akan rajin mencetak foto. Dengan mencetak foto kalian bisa membahas kejadian di foto itu dengan teman kamu. Berbeda jika ada media sosial, tinggal upload di Instagram dan tidak perlu dicetak.
  4. Kalian akan rajin ke pasar, toko, mini market atau sejenisnya. Karena tidak ada lagi online shop yang membuat kamu malas bergerak.
  5. Orang tidak akan tahu keadaan hati kamu tanpa kamu cerita kepada mereka. Intinya kamu harus bersosialisasi. Bukan meng-update status keadaan kamu, apalagi keadaan privasi kamu.
  6. Untuk para penganut Long Distance Relationship (LDR) akan kembali menuju sistem surat menyurat dan telepon umum. Skype atau sejenisnya sudah bisa digunakan. Otomatis kalian akan susah menuntaskan rasa kangen.

Mungkin itu adalah 6 kemungkinan yang akan terjadi di antara kemungkinan lainnya. Tapi apakah kemungkinan itu adalah hal buruk? Tentu tidak. Tidak selamanya media sosial memberikan dampak buruk. Buruk atau baiknya media sosial itu tergantung bagaimana kita menggunakannya. Jangan berlebihan menggunakan media sosial, kawan!