Aplikasi Android yang Bisa Tingkatkan Produktivitas Tahun 2021

Tahun 2021 kita semua masih harus mengadaptasi kebiasaan baru (new normal) yang tak lagi terasa “baru”. Sudah hampir 10 bulan kita memprioritaskan aktivitas untuk tetap di rumah saja, hingga tahun telah berganti, dan keadaan yang lama (sebelum pandemi) belum juga kembali. Namun, kita tetap harus beradaptasi dan bertahan dalam situasi yang tak mudah seperti ini. Rasa bosan, rasa ingin bebas, atau pun stres yang timbul karena terbatasi harus terus-menerus diperangi sebab kehidupan tetap mesti berjalan.

Pandemi tidak hanya mengubah cara hidup kita, tetapi juga menghambat beberapa aktivitas, dan membuat kemudahannya berkurang. Tapi, jangan khawatir warganet, teknologi yang ada selalu bisa memudahkan pekerjaan kita!

Jangankan bekerja, bersantai di rumah pun rasanya sudah begitu membosankan, makanya banyak masyarakat yang mulai menghias rumah, bercocok tanam, atau melakukan hobi-hobi menyenangkan hati lainnya. Tapi, kewajiban untuk tetap produktif tidak bisa tidak dilakukan, untuk itu berikut kami melansir dari proofhub.com tentang aplikasi-aplikasi yang bisa membantu masyarakat meningkatkan produktivitasnya di tahun 2021. Check this out!

 

1. ProofHub

Proyek-proyek pekerjaan umumnya gagal karena empat alasan yakni: lemahnya perencanaan, permasalahan soal kerja sama, tidak terorganisirnya dokumen atau fail, serta tidak ada reporting tools dalam satu tempat yang bisa merangkum segala hal mengenai tahapan-tahapan pengerjaan.

Online project planning tool - ProofHub

Sumber Gambar: Proofhub.com

Nah, berdasarkan permasalahan tersebut ProofHub menyediakan solusi dengan memfasilitasi penggunanya, dari mulai task lists, workflows, discussions, diagram, dokumen, dan lain-lain. Semua dalam satu aplikasi! Perencanaan semakin matang, kerja sama dengan tim internal dan klien menjadi lebih efisien dan meminimalisir isu, dokumen-dokumen tersimpan rapi (di dalam clouds), serta reporting tools yang sangat insightful dengan tampilan menarik. Jadi, pekerjaan pun akan lebih mudah diawasi, tentunya akan selesai tepat waktu dan proyek pun dikerjakan dengan sempurna!

 

2. TickTick

TickTick merupakan aplikasi daftar tugas (to-dos lists) dan pengelola tugas yang hadir dengan tampilan sangat rapi. Kamu bisa menambahkan daftar tugas, subtugas, serta mengatur tenggat waktu pengerjaan sekaligus menjadi pengingat, dan bahkan bisa langsung dibagikan kepada anggota tim lainnya. Aplikasi ini dirancang untuk membuat pengelolaan tugas tidak berantakan, sehingga paremeter untuk memprioritaskan tugas yang harus selesai lebih dahulu pun lebih menegaskan.

Sumber Gambar: TickTick.com

TickTick juga sangat terorganisir dengan tampilan kalendernya yang memukau. Ini sangat memudahkan kamu untuk mengingat waktu, dan jadwal selanjutnya, termasuk mengatur kapan-mau-ambil-cuti, hehehe. Ada score yang juga bisa memacu kamu untuk menyelesaikan tugas secara on time loh! Tentunya, akan lebih menyenangkan menjaga alur kerja melalui TickTick dibandingkan dimarahi atasan atau merusak goals-mu di 2021 ‘kan?

 

3. Trello

Trello dengan tampilan yang menyenangkan cocok banget untuk digunakan secara pribadi atau pun dalam urusan bisnis. Aplikasi ini sangat fleksibel dan hingga sekarang masih gratis, tanpa fitur-fitur eksklusif berbayar lainnya.

Create A Board | Getting Started with Trello

Sumber Gambar: Trello.com

Kamu bisa membuat daftar To Do yang dapat diskalakan sesuai prioritas, serta bisa mengundang teman-temanmu dalam salah satu tugas yang akan dikerjakan, nantinya kamu bisa mendapatkan notifikasi bila masing-masing dari temanmu mengerjakan tugas mereka. Checklist sangat membantumu melihat keseluruhan report, pekerjaan pun akan lebih efisien, dengan siapapun rekan kerjamu.

 

4. Todoist

Tim Todoist sudah membangun aplikasi ini selama 13 tahun loh! Aplikasi ini memang serupa dengan ketiga aplikasi sebelumnya yang menawarkan pencatatan tugas-tugas (to dos) yang ingin kamu kerjakan. Namun, Todoist seakan-akan menampilkan kesederhanaan yang menunjukkan nilai pentingnya “jeda” dalam pikiranmu, dan membiarkan Todoist mencatat segala sesuatunya.

todoist for the web and mobile user interface

Sumber Gambar: Todoist.com

Todoist memang sederhana, namun kamu tetap masih bisa menerima insightful secara harian dan mingguan dari hal-hal yang sudah kamu kerjakan. Jadi, kalau kamu enggak produktif aplikasi ini pasti akan mengetahuinya.

 

5. Google Tasks

Google Tasks hadir dengan tampilan yang paling clean di antara aplikasi lainnya. Aplikasi ini sangat minimalis dan fungsional secara langsung layaknya basic to-do list management app lainnya. Namun, tak ada produk Google yang tak terintegrasi, dan ini adalah poin utamanya! Aplikasi ini terintegrasi dengan Gmail dan Google Calendar yang membuatnya menjadi sangat menarik.

Sumber Gambar: Google Webstore

Kamu bisa membuat tugas dari dalam email melalui Google Tasks, lalu menautkannya di Google Calendar-mu. Pencatatan tenggat waktu, tanggal deadline, dan reminder juga tersedia di dalamnya. Semua dalam satu aplikasi!

 

New year new me sayang sekali apabila hanya dijadikan sebagai wacana. Saatnya berubah dari hal sekecil pencatatan yang menyehatkan pikiranmu, yang harus melakukan banyak hal. Ringankan pekerjaan dengan teknologi, meskipun pandemi rasanya membuatmu sulit beranjak. Be productive!

Related Posts