Aplikasi Video Conference Populer Ini Punya Keunggulan Masing-Masing

Mata rantai penyebaran virus corona belum juga usai, meskipun berdasarkan informasi yang beredar vaksin Covid-19 dikabarkan tiba di Indonesia pada November 2020. Adaptasi kebiasaan baru tentu masih sangat dibutuhkan, bahkan beberapa perusahaan pun memang sengaja mengubah ketetapan dari “kebiasaan lama” menjadi “kebiasaan baru” sekalipun nanti Covid-19 sudah pergi dari muka bumi.

Working From Home During the Pandemic Has Environmental Benefits — But We  Can Do Even Better - Resilience

Sumber Gambar: Resilience

Perusahaan-perusahaan yang mengubah ketetapan umumnya bergerak di bidang teknologi, yakni seperti Facebook, Apple, Shopify, dan lain-lain. Mekanisme pekerjaan yang harus menyesuaikan keadaan pandemi lah yang membuat mereka menyadari, bahwa beberapa bagian dalam perusahaan dapat bekerja dengan (atau lebih) efektif dengan penerapan sistem work from home.

Faktanya ada dan tidak ada virus corona, work from home memang memiliki daya tarik tersendiri. Ketika pandemi sistem bekerja dari rumah memang dianjurkan karena bertujuan untuk mengurangi virus, namun efektivitasnya memang membuat beberapa persoalan terjawab, seperti menghindari berdesakan di commuter line, lebih nyaman bekerja saat haid, dan bahkan meringankan gaya hidup untuk sebagian besar masyarakat ibu kota loh hehehe.

Cost of Working From Home & The Impact on Your Business

Sumber Gambar: MakeOffices

Namun, bekerja dari rumah bukan berarti menjadikanmu jadi seorang prokastinator ya. Produktivitas harus tetap dijaga! Nah, menunjang pekerjaan yang dilakukan remote tentu membutuhkan sarana ataupun media yang mampu memudahkan penyelesaian tugasmu. Beragam jenis rapat pun harus tetap terlaksana meskipun tidak dapat bertemu secara langsung. Demi membantumu menjadi pekerja WFH teladan, Politwika pun telah merangkum aplikasi-aplikasi video conference terbaik yang dapat kamu gunakan dari dalam rumah:

 

1. Skype –Banyak Fitur, Bisa Translate sekaligus Rekam

Skype vs. Zoom: Which is best for working from home? | PCWorld

Sumber Gambar: PCWorld

Skype merupakan salah satu aplikasi video conference yang sudah tidak asing lagi bagi warganet. Aplikasi panggilan ini merupakan aplikasi buatan Microsoft, yang memiliki banyak fitur pembeda dibanding kompetitornya.

Fitur-fitur tersebut antara lain: penerjemah suara dan kata-kata (yang bisa memudahkan komunikasi antar pengguna yang memiliki latar belakang berbeda), ketersediaan Giphy untuk menunjang keseruan mengobrol, serta dukungan fitur perekam panggilan yang sangat jarang ditemukan pada aplikasi lain. Oh ya! Tentunya, gratis … tis … tis ….

 

2. WhatsApp –Tidak Perlu Download Lagi!

Saingi Zoom, WhatsApp Sediakan Fitur Video Call Hingga 50 Orang |  inikepri.com

Sumber Gambar: USS Feeds

Tidak banyak fitur video conference yang tersedia di WhatsApp, namun aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk warganet yang menyukai tampilan interface sederhana. WhatsApp yang simple tentunya menggugah hati orang-orang yang “enggak mau ribet” untuk menggunakannya, karena tentu menampilkan kemudahan dalam penggunaanya. Kini, aplikasi ini juga sudah menambahkan 50 orang batas maksimal pengguna yang menggunakan video call dalam satu sesi. Whoa!

 

3. Zoom –HD dan Punya Cloud Kekinian

Video app Zoom rockets to fame, with some hiccups, amid pandemic - Science  & Tech - The Jakarta Post

Sumber Gambar: The Jakarta Post

Zoom sudah menjadi aplikasi paling hit yang digunakan selama pandemi! Aplikasi ini menyediakan kualitas penayangan HD yang bakal memotivasi kamu menjaga penampilan, meskipun work from home. Lalu, ada fitur safe driving mode yang memungkinkan kamu untuk tetap mengikuti meeting  dengan aman meskipun sedang berkendara (sejujurnya, saya  tetap ragu untuk merekomendasikan penggunaannya sih –ups).

Enggak hanya itu saja, Zoom juga menyediakan cloud bagi para penggunanya, sehingga kamu bisa menyaksikan ulang video yang telah kamu saksikan di cloud-mu sendiri. Zoom juga bisa membagikan foto, file, dokumen, serta Google Drive secara instan dan aman. Kemanan Zoom juga telah dilengkapi sistem end-to-end encryption sehingga data penggunanya sangat terjamin.

 

4. Google Hangouts –Ringan dan Bisa Kirim SMS

Best Video Conferencing Apps For Android: Hangouts Meet | Mobile Marketing  Reads

Sumber Gambar: Mobile Marketing Reads

Google Hangouts juga enggak kalah uniknya dari aplikasi video conference yang lain nih. Google Hangouts menggunakan teknologi web real-time communication (WebRTC) yang mampu menyederhanakan panggilan video, sehingga kamu tidak akan mengalami gangguan video yang terputus-putus kalau internet kamu sedang mengadat.

Sebagian besar aplikasi perpesanan hanya bisa berkirim dan menerima pesan dari aplikasi yang sama, namun tidak dengan Google Hangouts. Aplikasi ini bisa memungkinkanmu untuk mengirimkan SMS kepada rekanmu secara gratis. Jika kamu menambahkan gambar atau video pada pesan, tentu saja secara otomatis akan berubah format menjadi MMS.

 

5. Cisco WebEx –Jernih dan Ada Google Assistant!

UC-One SaaS Takes First Step Toward Webex Unified Client Vision - Cisco  Blogs

Sumber Gambar: Cisco Blogs

Ternyata enggak cuma Zoom yang mampu menawarkan tampilan gambar kualitas HD, Cisco WebEx pun memanjakan mata penggunanya dengan tampilan video yang sangat jernih. Ketika gambar video conference berubah menjadi buram, kemungkinan besar bukan Cisco WebEx nih yang bermasalah … mungkin internet di rumah kamu yang lagi-lagi mengadat. Huft!

Cisco WebEx tidak mengharuskan kamu untuk melakukan registrasi yang rumit dan menyita waktu. Cukup dengan akun email, kamu pun segera terhubung dalam video conference bersama teman-teman lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur perintah suara dengan Google Assistant loh, sehingga pengguna bisa dengan mudah mencari berita/dokumen ataupun melakukan sesuatu yang dibutuhkan pada gawai saat meeting berlangsung.

Jadi, kamu pilih yang mana? Kalau jaringan internet di rumah jelek disarankan tidak pakai Zoom atau Cisco WebEx loh, HD! Hehehe.