Menyelisik Data Pribadimu Lewat Arsip Facebook

Facebook baru-baru ini mengalami masalah soal skandal Cambridge Analytica. Untuk menganggulanginya, kini Facebook membatasi informasi pengguna yang mereka berikan kepada pengembang aplikasi. Kini pengembang hanya bisa mendapatkan nama pengguna, foto profil, dan alamat posel setelah ada pengguna yang menggunakan aplikasi mereka. Batasan yang tidak jelas mengenai informasi apa saja yang didapatkan pengembang atau pengiklan di Facebook menjadi masalah yang terjadi saat ini.

Sejak 2010, Facebook memungkinkan kamu mengunduh file arsip dari semua interaksi yang kamu lakukan di jaringannya. Prosesnya terbilang mudah, hanya butuh waktu kurang dari 5 detik untuk mencobanya. Cara mendapatkannya akan dibahas pada akhir artikel di bawah ini.

Nantinya kamu akan mendapatkan file kompresi berekstensi .zip, dengan beberapa folder di dalamnya. Terdapat berkas halaman ‘index.html’ yang berfungsi sebagai portal untuk data pribadi kamu. Secara visual, tampilannya sederhana menyerupai Facebook versi gratis. Sisa folder adalah berkas berupa foto dan video yang telah kamu unggah ke Facebook.

Arsip ini juga berfungsi sebagai pengingat bagi saya dan kalian sebagai pengguna Facebook tentang data pribadi yang secara tidak langsung kamu berikan kepada Facebook.

Semua yang kamu harapkan ada di dalam berkas tersebut: mulai dari profil, status, pesan, teman, sampai sejarah colek mencolek kamu dengan gebetan (uhuk), foto, video, komentar, dan acara. Semuanya ada dalam berkas zip 500mb. Ada banyak bahan dan kamu bisa menyaringnya berjam-jam. Sebagian besar isinya tidak mengherankan dan sudah kamu ketahui, namun ada beberapa fakta penting yang patut ditelusuri.

Masa penyimpanan data tidak terbatas

Facebook tidak pernah menghapus apapun. Teman yang sudah tak bersahabat, hubungan masa lalu, mantan… , nama sebelumnya, buku alamat semua masih terekam dengan baik dalam berkas tersebut. Saya membuat akun pada 1 September 2009, pukul 15.:59 dan semua tindakan telah tercatat sejak saat itu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, 10 tahun perilaku manusia yang konsisten telah dikumpulkan dengan cermat, disimpan & dianalisis (untuk dijual?).

Metadata dalam foto yang.. lengkap
Kapan pun kalian mengunggah foto ke Facebook, itu menyimpan catatan semua data yang menyertainya. Tidak mengagetkan sebenarnya, tapi sangat rinci. Lihat: Pembuat Kamera, Model, Orientasi, Eksposur, F-Stop, Kecepatan ISO, Panjang Fokal, Latitude, Longitude, sampai Upload Alamat IP.
Data Login dan Sesi Pemakaian Facebook

Pada laman index, coba navigasikan ke menu keamanan. Bagi kamu yang insecure, data ini sangat berguna untuk melihat sesi login akun Facebook kalian, terdapat juga list semua alamat IP address yang telah kamu gunakan untuk login. Yup, setiap kali kamu membuka Facebook, waktu, lokasi, alamat IP, browser & perangkat langsung terekam.

Jika kamu adalah bagian dari 1.4 miliar orang yang menggunakan Facebook setiap hari, mereka memiliki cukup poin data untuk menentukan pola hidup sehari-hari kamu dengan sangat akurat: alamat rumah dan kantor, perjalanan pulang-pergi, bangun & tidur, durasi perjalanan & tujuan, dll. Creepy.

Daftar kontak secara rinci

 

Saat kamu memasang aplikasi Facebook di ponsel, secara sadar kamu memberikan hak kepada Facebook untuk melihat daftar kontak kamu. Setelah selesai, Facebook menyimpan semua informasi kontakmu, selamanya.

Kenali pengiklan kalian

Sumber pendapatan utama Facebook adalah iklan yang ditayangkan oleh mesin penargetan tangguh mereka menggunakan khalayak khusus yang dibuat untuk pengiklan.

Setidaknya, 8 pengiklan mendapat akses ke informasi Facebook saya:

Masalahnya, Facebook sengaja mencoba misterius tentang jenis informasi apa yang mereka bagi dengan pihak ketiga (pengiklan). Meskipun banyak permintaan oleh pengguna di seluruh dunia, respons mereka hanya sistemik:

Advertisers do not give Facebook any users’ contact details. We only get such details in hashed form and they are, in any event, deleted within 48 hours. We are therefore not able to confirm what contact information an advertiser has for a particular user.

 

Jadi, Facebook memiliki banyak data tentang kamu dan berbagi dengan banyak pengiklan: tapi mengapa kamu harus peduli? Apalagi main Facebook masih gratis..

Bagaimana cara mendapatkan arsip milik kalian?

Dimulai dengan Facebook di tahun 2010 dan diikuti oleh Google dan Twitter pada tahun 2011 dan 2012, jejaring sosial besar mulai memungkinkan pengguna mereka mengunduh berkas cadangan dari semua yang pernah mereka posting.

Untuk mengunduh backup Facebook-mu, cukup ikuti 3 langkah yang dijelaskan disini. Facebook akan mengirimkan surel setelah arsip cadangan kamu siap (biasanya memakan waktu kurang dari 10 menit). Perlu diperhatikan di sini, jangan sampai data arsip milik kalian dibagikan secara sengaja atau tidak sengaja kepada orang lain. Gunakan secara hati-hati demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

Artikel ini adalah terjemahan dengan penyesuaian dari artikel Here’s how you access the super creepy data Facebook has on you oleh the next web

Related Posts