Aturan Penting Ini Khusus Untuk Para Pengguna Kesayangan Tinder

Tahun 2020 kayak gini, masih malu kalau profile Tinder-mu diketahui sama teman-teman satu circle? Ngapain?! Cuek aja! Internet memang sudah sangat mendarah daging dalam kehidupan kita, peruntungan untuk mencari jodoh secara online pun sudah menjadi hal yang biasa. Kencan online bukan berarti menjadikan kita seseorang yang putus asa karena belum bertemu pasangan loh, tentunya ada faktor-faktor lainnya yang berperan, seperti kamu yang ingin punya pacar yang lokasinya jauh dari kotamu karena bosan dengan yang sekota, misalnya. Kenapa enggak? Hehehe.

Lagi pula, Tinder pun memang mengandung kepraktisan yang memudahkan kita untuk menjangkau lebih banyak orang-orang yang berpotensi nyambung sama kita. Hemat waktu, hemat tenaga, chatingan dulu saja! Di samping itu, setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda untuk berkenalan dengan orang baru, maka itu lebih nyaman berkenalan secara online terlebih dahulu dibandingkan bertemu langsung. Namun, penggunaan dating apps platform tak jarang memiliki laporan soal pertemuan-pertemuan yang tak sesuai harapan, tidak menyenangkan, bahkan cenderung mengarah kepada hal-hal yang membahayakan. Nah, untuk itu kami merangkum aturan penting ini khusus untuk para pengguna kesayangan Tinder (Bumble, OkCupid, dan aplikasi lainnya tentunya –sama aja kok).

 

1. Tentukan Platform-nya!

Authenticity | Selain Tinder, Ini Dating Apps yang Laris Manis Saat Pandemi COVID-19

Sumber Gambar: Authenticity.id

Ada banyak platform kencan daring yang sebenarnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda loh. Kamu bisa melihat-lihat terlebih dahulu fitur yang tersedia di dalamnya, kalau mau lebih “kamu banget” sebenarnya OkCupid ataupun Bumble lebih spesifik dibandingkan Tinder, sebab mereka memiliki template profil yang akan membantumu menunjukkan kepribadian atau karakteristikmu secara lebih detil.

Setelah memilih, tentunya kamu mesti sign up dong. Oh iya, pengguna kencan daring juga diimbau untuk memilih platform yang punya lebih banyak reputasi baik, dibandingkan laporan kasus negatif di dalamnya.

 

2. Pasang Foto Profil yang Bijak

The Beatles "Let It Be" | Dolly Parton Challenge | Know Your Meme

Sumber Gambar: Know Your Meme

Foto yang terpasang di aplikasi kencan online, enggak hanya berupa foto yang kamu sukai karena kamunya sedang terlihat cantik atau ganteng ya! Dari sebuah foto, kejahatan dalam dunia maya pun bisa dilakukan, oleh karena itu untuk mengantisipasi salah satu kejahatan yang dekat dengan online dating, yakni yang kerap dilakukan oleh para pelaku predator … ada baiknya kamu memilih foto selfie yang belum pernah digunakan di platform manapun.

Foto yang hanya satu-satunya digunakan di dalam sebuah platform akan mempersulit pencarian, yang mana mengantisipasi predator dalam mengulik segala macam informasi personal tentang kamu. Enggak hanya itu juga, kamu juga mengantisipasi oknum yang ingin menyalahgunakan fotomu kalau ia mengaku (fotomu) adalah dirinya.

 

3. Jangan Berikan Data Lengkap!

Privacy Matters: Facebook Pay - About Facebook

Sumber Gambar: About Facebook

Ini bukan LinkedIn. Beberapa dating apps memang belum dilengkapi oleh fitur autentikasi yang benar-benar menghadirkan keaslian. Bisa saja match kita itu menggunakan foto orang lain, dengan profil dan indentitas yang palsu loh … untuk itu, pastikan bersabar … jangan terlalu jauh memberikan nama lengkap beserta gelar, alamat, sekalipun nomor telepon bila belum yakin betul kalau dia enggak berbohong, dan profilnya asli!

 

4. Identitas Profesional Tidak Boleh Gamblang, Loh ….

Should You Hide Your Social Media Accounts Before A Job Interview? · Student Edge News

Sumber Gambar: Student Edge

Lagi-lagi kembali diingatkan ya, netizen … ini bukan LinkedIn. Waspada terhadap stranger itu it’s okay kok, bukan berarti kamu juga enggak asyik atau enggak bisa mengasyikkan obrolan kalian. Tetap bisa! Hanya saja, berhubungan dengan dating apps memang jauh lebih aman bila tetap menjaga identitasmu tetap “kabur”.

 

Eits, meskipun demikian tidak akan menutup kemungkinan kok kalau kalian bisa cocok dan terus-menerus berhubungan, bahkan menikah (banyak yang kejadian di Twitter). Tentunya, itu butuh proses, bukan satu kali pertemuan, atau bahkan bukan tanpa pertemuan sama sekali.

 

5. Sebelum Bertemu, Teleponan Dulu

Amazon.com: Ella Raines on Long Sleeves and Answering a Phone Call Photo Print (30 x 24): Home & Kitchen

Sumber Gambar: Amazon

Ketika sudah yakin orang tersebut menggunakan profil asli, jangan ragu untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya, apalagi kalau lawan bicara kita nyambung dan asyik! Move chat ke LINE atau WhatsApp bisa jadi jawaban, kalian pun dapat saling mendengar via suara, melakukan percakapan yang lebih deep, dan semakin membangun komunikasi agar lebih menambah chemistry.

 

6. Atur Pertemuan Sekasual Mungkin di Tempat Umum

Ngopi Bareng, Tatapan Penuh Cinta Hamish Daud ke Raisa Sukses Bikin Baper

Sumber Gambar: WowKeren

Aturan yang satu  ini berkaitan dengan kenyamanan kamu, tapi terhubung juga dengan keamanan. Pilihlah tempat yang membuatmu nyaman untuk mengobrol, tempat yang benar-benar sudah kamu kenal, dan mampu membuatmu lebih cair untuk bisa bertemu dengan orang asing.

 

Tentunya, tempat tersebut harus berada di public space alias tempat umum. Jangan memilih tempat yang berisiko, seperti hotel, bar, atau bakan rumah match-mu, sebab ada begitu banyak risiko lain yang tentunya enggak ingin kamu ambil bukan?

 

7. Orang Lain “Perlu Tahu” kalau Kamu Bertemu Stranger

Tips on How to Prevent Malicious and Hurtful Gossip

Sumber Gambar: The Spruce

Rasa ragu dan khawatir sangat wajar menghampiri, bila kita memutuskan untuk bertemu secara langsung dengan calon teman kencan kita. Lagi-lagi, karena itu pikiran kita pun teah mempersiapkan segala macam skenario terburuk yang mungkin saja terjadi, maka beri tahu sahabatmu atau orang yang kamu percaya tentang tujuanmu pergi dan orang yang akan menemanimu.

 

Bahkan, jika kamu merasa sangat diperlukan, kamu bisa saja memberikan nomor telepon match yang akan jalan denganmu kepada teman kamu. Hal ini hanya untuk berjaga-jaga saja loh, persis seperti kamu menaiki ojek atau taksi online di malam hari, lalu kamu kirimkan screenshot profil pengemudinya untuk urusan keamanan, ke orang rumah.

 

8. Berangkat dan Pulang Sendiri Dulu Saja!

Sumber Gambar: Kaskus

Ketika pertemuan pertama berjalan dengan lancar dan memungkinkan untuk berlanjut ke pertemuan-pertemuan lainnya, sebaiknya tetap menggunakan kendaraan yang terpisah ketika bertemu dengan match kamu. Kendaraan pribadi ataupun transportasi online, biasakan dulu untuk berangkat dan pulang sendiri. Jangan terlalu tergesa-gesa membiarkan match kamu tahu tempat tinggalmu, terlebih lagi bila masih pada pertemuan pertama.

 

 

9. Kamu Baru Pertama Kali Ketemu, Ini Bukan Kencan

10 Meme lucu kucing lagi marah ini bikin susah tahan tawa

Sumber Gambar: Brilio.net

Pertemuan ini hanyalah pertemuan kamu dan dia untuk yang pertama kalinya, mungkin memang ada tanda-tanda yang membuatmu merasa ini seperti “kencan”, tapi sebenarnya dan sepatutnya … tidak.

 

Pada pertemuan pertama, mungkin kamu akan menemukan hal-hal yang biasanya hanya kamu lihat dari media sosial, foto, ataupun video call. Namun, selain hal-hal yang terlihat oleh mata, kamu pun bisa mengamati ketertarikan lawan bicaramu terhadap kamu. Biasanya, pertemuan secara langsung dan virtual tentunya akan sangat memberikan kesan yang berbeda.

 

Sayangnya … tahapan-tahapan dalam artikel ini mungkin hanya bisa berlaku saat pandemi sudah berakhir, sebab bila dalam waktu dekat ini kamu bertemu stranger, mungkin akan lebih rumit nantinya bila sampai mengharuskan contact tracing ‘kan, makanya lebih baik waiting dulu. Hehehe, sampai jumpa di artikel berikutnya, jangan lupa swipe right!

Related Posts