Awas, Hati-hati di Medsos!

Di era yang serba digital seperti sekarang ini sudah tidak heran jika semua orang mempunyai akun media sosial (medsos), mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Tujuannya pun berbeda-beda, entah itu untuk bersosialisasi atau untuk menunjang pekerjaan.

Kegiatan di medsos seperti mengunggah foto, menulis status, dan memberi komentar merupakan hal yang lumrah ketika bermain medsos, dan dibalik semua aktivitas tersebut pasti ada maksud dan tujuannya.

Menilik dari akun twitter @hati2dimedsos dan @hati2diinternet, kedua akun tersebut mem-posting tangkapan layar kelakuan aneh pengguna medsos di berbagai platform.

Tidak hanya sekedar diunggah, dari kedua akun tersebut juga dapat dilihat banyak warganet yang mengomentari dan menertawakan orang-orang di balik tangkapan layar tersebut dan tidak sedikit pula yang memberi ejekan. Lalu bagaimana menggunakan medsos yang baik dan bijak, agar kegiatan yang dilakukan di medsos tidak terkena tangkapan layar oleh warganet lain yang bisa mengakibatkan malu dan terbukanya aib.

1. Ketahui batasan antara hal pribadi dan umum.
2. Jangan jadikan medsos sebagai tempat pelampiasan masalah pribadi.
3. Hindari mengunggah foto maupun video yang tidak wajar.
4. Usahakan untuk tidak menulis kata-kata kasar atau tidak senonoh.
5. Unggah hal-hal yang menarik, lucu, bermanfaat, informatif dan sewajarnya.
6. Selalu berpikir bahwa di luar sana ada orang jahat.
7. Selalu ingat bahwa privasi yang kamu unggah di medsos juga menyangkut privasi keluarga, pacar, sahabat, dan sebuah institusi.

Mengunggah berbagai hal di medsos memang menyenangkan, terkadang kita ingin mendapatkan perhatian dari orang lain. Tapi coba pikirkan ulang, karena media sosial belum tentu tempat yang benar-benar tepat untuk berbagi segala hal tentang kamu. Tetap jaga privasi, dan gunakan medsos dengan baik dan menyenangkan.

Related Posts