Awas, Temanmu Bisa Meretas Facebook-mu!

Jika kamu menerima pesan dari teman Facebook yang meminta bantuan untuk segera memulihkan akun Facebook-nya, karena mereka telah menambahkan kamu sebagai salah satu Kontak Terpercaya (sebuah fitur pemulihan akun Facebook yang mengirim kode akses rahasia ke teman dekat untuk membantu memulihkan akun). Jangan langsung mempercayainya!

Sebuah riset telah mendeteksi penipuan berupa phishing (penipuan dengan maksud mengambil informasi berdasarkan akun) di Facebook. Phising baru tersebut bahkan bisa mengelabui pengguna teknis yang berpengalaman menjadi korban penipuan dan membantu penyerang mendapatkan akses ke akun Facebook-mu.

Menurut sebuah peringatan keamanan publik yang diterbitkan oleh Access Now, serangan tersebut dimulai oleh akun yang sudah direkomendasikan dari salah satu temanmu, meminta bantuan segera untuk kembali ke akun Facebook-nya.

Pelaku phising tersebut menjelaskan bahwa kamu terdaftar sebagai salah satu Kontak Terpercaya-nya di Facebook. Kemudian ia memintamu untuk memeriksa e-mail untuk kode pemulihan, lalu kemudian dikirim kepada si pelaku (seseorang yang bersembunyi di balik identitas temanmu).

Namun, sebenarnya, kode yang kamu terima bukanlah kunci untuk membuka akun temanmu, melainkan pengajuan permintaan “lupa kata sandi” untuk akunmu dalam upaya untuk membajak akun Facebook-mu. Mengetahui bahwa seorang teman berada dalam masalah, otomatis kita akan berbagi kode tanpa memikirkannya lagi.

Access Now pun memberi keterangan, “Serangan baru ini menargetkan orang-orang yang menggunakan Facebook, dan ini bergantung pada kurangnya pengetahuan tentang fitur ‘Kontak Terpercaya’ di Facebook.”

Untuk mempelajari fitur ‘Kontak Terpercaya’ di Facebook agar tidak terjebak oleh serangan phishing ini, kalian dapat menuju ke pos Facebook ini.

“Sejauh ini kami melihat sebagian besar laporan (korban penipuan phishing Facebook) ini dari pembela hak asasi manusia dan aktivis dari Timur Tengah dan Afrika Utara,” tulis Access Now.

Meskipun penipuan Facebook terbaru ini dimulai dengan menggunakan akun yang direkomendasikan dari salah satu temanmu, teman Facebook-mu pun dapat dengan sengaja menipumu untuk menyerahkan akun Facebook-mu (dengan melihat bagaimana orang menerima permintaan pertemanan yang dikirim oleh siapa saja di Facebook. platform media sosial).

Cara terbaik untuk melindungi akun Facebook kalian adalah selalu waspada terhadap setiap e-mail pemulihan yang kamu terima. Kemudian baca pesan pemulihan atau e-mail tersebut dengan saksama, tak terkecuali jika dikirim oleh salah satu teman dekatmu.

Tetap waspada!

 

Sumber: https://thehackernews.com/2017/10/facebook-account-hacking-scam.html