Awkarin, Pembelajaran bagi Para Remaja

politwika awkarin

Belum lama ini jagat media online diramaikan dengan pemberitaan remaja berusia 18 tahun bernama Karin Novilda atau yang lebih dikenal dengan nama Awkarin. Dia menjadi perbincangan setelah putus dengan pacarnya yang masih berusia 16 tahun bernama Muhammad Gaga.

“Meledaknya” Awkarin di dunia maya membuat kami tertarik mengangkat isu ini sebagai sebuah artikel ringan. Kami pun mencoba mengumpulkan kebiasaan Awkarin yang tidak patut untuk ditiru oleh para remaja.

Nama Awkarin tiba-tiba saja menjadi bahan perbincangan yang menarik setelah mengupload video di Youtube saat mengutarakan kesedihannya ketika hubungannya berakhir dengan sang pacar. Dari video tersebut, banyak komentar pro dan kontra terkait apa yang dilakukan olehnya.

https://www.instagram.com/p/BIAKUv3AmgK/?taken-by=awkarin&hl=id

Banyak yang membela Awkarin atas apa yang dilakukannya dengan curhat lewat video tersebut adalah hal yang wajar. Namun tidak sedikit juga yang menganggap hal yang dilakukan Awkarin jelas-jelas sangat lebay dan tidak perlu dilakukan oleh remaja seusianya.

Awkarin mulai dikenal secara luas setelah eksis di segala medsos seperti Instagram, Twitter, Ask.fm, Snapchat, bahkan Youtube melalui Vlog (video blogging) pribadinya. Dari sana, Awkarin mulai memiliki penggemar yang mayoritas adalah remaja di bawah umur.

Ternyata banyak yang menganggap bahwa hubungan Awkarin dan Gaga adalah sebuah relationship goals, atau hubungan yang ideal bersama pacar. Padahal jika ditelisik lebih jauh, ada beberapa kelakuannya yang tidak pantas ditiru oleh remaja yang sedang mencari jati diri.

https://www.instagram.com/p/BHWoWy-AiH_/?taken-by=awkarin&hl=id

Beberapa posting di akun medsosnya kerap menunjukkan bahwa Awkarin memiliki hidup yang cukup mewah, bahkan terkesan hedonis. Padahal itu semua tidak pantas untuk ditiru oleh para penggemarnya.

Awkarin juga kerap berpose “berani” bersama pacarnya, seperti berpelukan hingga ciuman yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik. Itu semua karena dikhawatirkan para penggemarnya yang masih dibawah umur meniru dan berbuat yang sama seperti yang Awkarin lakukan.

Lebih jauh, dalam Vlog pribadinya dia sering menggunakan kata-kata kasar yang seharusnya tidak keluar dari mulut remaja perempuan seusianya. Kemudian di Instagram, Awkarin juga sering berpose dengan pakaian yang cukup terbuka dan menunjukkan bagian-bagian tubuhnya.

https://www.instagram.com/p/BG6nWUWFdXN/?taken-by=awkarin&hl=id

Selain itu dalam curhatannya di Youtube, Awkarin mengaku bahwa dia menggunakan kunci jawaban saat Ujian Nasional, tapi pengakuannya dalam video tersebut sudah diedit dan dihilangkan. Dia juga mengatakan bahwa sebenarnya dia diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, namun kesempatan tersebut tidak diambil dengan alasan tidak mau sibuk dan mengganggu hubungannya dengan Gaga.

Hal-hal seperti itu dikhawatirkan ditiru oleh para penggemarnya di medsos, padahal tugas utama remaja seusia Awkarin adalah bagaimana menyelesaikan pendidikan dengan nilai yang baik.

Untuk para remaja, sebaiknya kalian lebih pintar memilih apa yang baik ditiru dan apa yang tidak untuk diikuti. Berdiskusi dengan orang tua tentang apa yang sebaiknya ditiru dan tidak juga bukan hal yang salah loh!

Selain itu, sebelum mengupload sesuatu di medsos, biasakan memikirkan efeknya di masa depan ya! 😀

Related Posts