Bagaimana Para Ayah Memanfaatkan Medsos

bagaimana para ayah memanfaatkan medsos politwikaSiapa bilang cowok jomblo lebih aktif di media sosial (medsos) ketimbang cowok beristri? Sebuah studi menyatakan, para pria cenderung lebih rajin membuka Facebook dan Twitter setelah punya anak, lho. Kok bisa ya? Yuk kita bahas fenomena menarik ini.

Selama ini ada anggapan bahwa para ibu lah yang lebih aktif di Instagram. Terutama jika menyangkut selfie bersama anak-anaknya. Sebuah studi membantah anggapan ini. Menurut Social Media Link, para ayah sebenarnya sama aktifnya dengan para ibu di media sosial. Survei ini diikuti 1802 partisipan yang terdiri dari para ayah di media sosial selama Februari-April 2016. Hasilnya, sebanyak 91% para ayah menggunakan Facebook, 60% aktif di Twitter, 49% aktif di Instagram.

Apa yang mereka lakukan di sana? Mayoritas adalah memosting hal-hal yang berkaitan dengan anaknya. Sebanyak 70% ayah bercerita tentang anak setidaknya 2 kali sebulan. Sebanyak 71% ayah juga senang menerima rekomendasi yang berhubungan dengan produk atau layanan untuk anak-anak. Setidaknya 61% dari mereka setuju bahwa dirinya lebih aktif di medsos daripada sebelum punya anak.

Sebanyak 21% ayah mengaku pernah mengunggah video lucu berisi rekaman polah anak agar menjadi viral.

Alasannya? 91% beralasan agar keluarganya tak ketinggalan event terkini. 73% beralasan agar selalu ingat kejadian penting. 73% beralasan bahwa anak sangat penting baginya. Sedangkan 60% beralasan untuk menghibur teman-teman.

Selain sebagai hiburan, medsos juga dianggap membantu para ayah sebagai orang tua. Para ayah merasa medsos bisa membuat mereka menjadi ayah yang baik (61%). Mereka terbantu dengan medsos karena terhubung dengan ayah-ayah lain (44%). Mereka pun bisa saling berbagi pengalaman sebagai ayah (40%). Medsos dirasa memungkinkan mereka bertanya hal-hal ke sesama ayah (31%). Dan mereka bisa update dengan isu-isu seputar parenting (26%).

Ketika para ayah terlibat dengan brand online, mereka biasanya tertarik pada brand elektronik atau gadget (77%), makanan (77%), dan perawatan pria (63%).

Bagaimana, apakah semua deskripsi tadi cucok dengan kebiasaanmu sebagai ayah? Atau kebiasaan ayah-ayah di sekitarmu?

Related Posts