Bahaya Cyber Dating

online-datingInternet telah menjadi dewa bagi kehidupan manusia, berbagai kemudahan yang ditawarkan bisa kita akses melalui layar & genggaman tangan. Kemudahan-kemudahan tersebut bisa bermanfaat bisa juga membahayakan. Salah satunya adalah Cyber Dating atau Kencan Online.

Sebelumnya, perlu dipahami Cyber Dating atau Kencan Online adalah sistem kencan yang memungkinkan seseorang melakukan kontak dan komunikasi melalui internet. Bisa melalui media sosial atau fitur chat messenger di situs yang bersangkutan.

Keberadaan Cyber Dating masih terhitung baru, namun situs-situs Cyber Dating sudah menjamur, di antaranya adalah; match.com, eHarmony, PerfectMatch, Chemistry, Jdate, Spark, True, PlentyOfFish, MatchMaker, DateInAsia, AsianDating, dan masih banyak lagi. Dan tidak sedikit para single yang memilih cara ini untuk berkencan dengan seseorang sama seperti kencan konvensional lainnya. Alasan dan tujuan mereka mengikuti Cyber Dating bermacam-macam, ada yang sekedar mencari teman baru, ada pula yang serius mencari pasangan hidup. Umumnya, Cyber Dating dipilih oleh mereka yang memiliki sifat tertutup dan pemalu.

Cyber Dating, seperti fasilitas internet pada umumnya, memiliki keuntungan-keuntungan yang dapat mempermudah kita berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh penjuru dunia namun tidak menutup kemungkinan bahaya-bahaya yang mengintai. Untuk mereka yang senang memandangi layar komputer, Cyber Dating merupakan cara yang sederhana untuk mempromosikan diri anda sekaligus anda dapat memilih pasangan ideal yang anda idamkan selama ini. Kemudahan tersebutlah yang membuat Cyber Dating semakin digandrungi oleh para pencari cinta. Inilah beberapa keuntungan yang didapat dari menggunakan sistem Cyber Dating :

  1. Menghemat Waktu – Tidak ada yang benar-benar memiliki waktu untuk melakukan investigasi orang-orang yang baru ditemuinya, pun dilakukan akan mengganggu sekali dan membuat orang mencurigai anda. Cyber Dating menyediakan layanan profile di mana anda dapat mempromosikan diri anda secara lengkap dan detail, dan sebaliknya anda juga dapat mengetahui profile orang-orang sebelum memulai pembicaraan.
  2. Tidak Membutuhkan Komitmen – Sebelum anda benar-benar bersepakat untuk berkencan di dunia nyata, komitmen yang kuat tidak begitu dibutuhkan dalam Cyber Dating, sehingga anda dapat mencari dan terus mencari sampai mendapatkan pasangan yang benar-benar ideal.
  3. Hemat Biaya Obrolan – Anda tidak perlu jalan keluar rumah, mencari kafe untuk sekedar mengobrol, anda hanya butuh duduk di depan layar komputer anda dan obrolan dapat dimulai melalui chat messenger atau video conversation.

Namun, disamping kemudahan-kemudahan yang ditawarkan, Cyber Dating juga memiliki resiko yang berbahaya, seperti :

  1. Tidak Semua Orang Berkata Jujur – Paradoks dengan keuntungan yang ditawarkan, anda dapat memilih profile yang mana yang akan anda pilih, sayangnya tidak semua profile berkata jujur.
  2. Informasi Fiktif – Anda tidak benar-benar tahu dengan siapa anda berbicara, apakah informasi yang diberikan hanyaah identitas fiktif belaka.
  3. Resiko Penipuan – Satu dari 4 orang dewasa di Inggris menggunakan Cyber Dating, 2 dari 5 yang telah disurvey memakai profile palsu, dan 1 dari 5 orang pernah diminta uang oleh orang-orang yang mereka hubungi.
  4. Persoalan Privasi – Banyak pihak yang tak bertanggung jawab yang bisa memanfaatkan identitas pribadimu.
  5. Niat Jahat – Meski kalian sudah bersepakat untuk tatap muka, tidak ada jaminan bahwa lawan bicaramu tidak memiliki niat jahat.

Menurut FBI, Nigeria merupakan negara yang paling sering diidentifikasi menipu pasangan online-nya. (Sumber : http://www.fbi.gov/sandiego/press-releases/2014/looking-for-love-beware-of-online-dating-scams )

Hampir 50,4 Juta USD hilang dari penipuan Cyber Dating (Sumber : http://t.co/dP9iqBQsQE )

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, Cyber Dating juga memacu naiknya angka perceraian karena status pernikahan yang dipalsukan dan perselingkuhan yang merajalela karena penggunanya sangat plural, dari usia remaja hingga dewasa bahkan lanjut usia.

Sebaiknya anda berpikir matang sebelum meluncur menggunakan sistem Cyber Dating untuk mencari pasangan. Bahaya yang mengintai dari Cyber Dating tidak mengenal waktu dan siapa anda. Berhati-hatilah memanfaatkan kemudahan internet.

Related Posts