@BudeSumiyati: Bekerjalah yang Halal, Wahai Penyebar Hoaks!

Tidak akan ada habisnya kalau kita membicarakan media sosial (medsos) buatan Jack Dorsey, Twitter. Dengan segala pro dan kontra yang ada, Twitter masih menjadi salah satu platform medsos terbaik yang pernah diciptakan.

Di Twitter, khususnya Indonesia, terdapat kasta yang biasa di pakai, yakni Sobat Misqueen dan Selebtwit. Jika Sobat Misqueen adalah kasta bawah yang diisi oleh rakyat “biasa”,  sedangkan Selebtwit adalah kebalikannya. Mereka adalah seseorang yang terkenal di Twitter, dengan ribuan bahkan jutaan follower.

Kali ini, tim Politwika berhasil mewawancarai salah satu Selebtwit yang kecantikanya diakui di dunia dan akhirat, yakni Bude Sumiyati. Makhluk berparas bak bidadari ini ternyata ramah saat kami wawancarai untuk rubrik #TamuKita.

Tidak ada yang menyangka bahwa akun Bude Sumiyati akan terkenal seperti saat ini. Bude mengatakan bahwa awalnya hanya iseng untuk menciptakan akun Bude-bude tukang galau ini.

“Awalnya iseng, bikin akun alter supaya bisa posting twit sesuka hati tanpa takut dikomentari teman-teman di dunia nyata. Karena kalau nulisnya di akun pribadi, pasti akan dibanjiri komentar yang kurang menyenangkan,” ujarnya.

Ketika ditanya kenapa memilih Twitter sebagai sarana mengungkapkan isi hati, Bude mengatakan hal yang unik. “Twitter mempunyai sifat yang hampir mirip dengan bak belakang truk, ruang yang terbatas untuk ditulisi kalimat yang ringkas dan padat. Kira-kira begitulah.”

Admin Bude Sumiyati yang tidak mau menyebutkan namanya demi alasan privasi ini membuat akun dengan mengambil foto dari pengguna Facebook bernama Neti Herawati. Namun untuk masalah caption, ia mengaku menciptakannya sendiri.

Admin yang berjenis kelamin laki-laki ini mengatakan bahwa ia hanya sendiri mengelola akun BudeSumiyati. Ia juga berpesan kepada kami, kalau saja ada yang berminat berkenalan secara serius, bisa menghubunginya lewat e-mail. Hayo, para single ladies mana suaranya?

“Saya belum menikah, status single, usia hmmmm. Kalau ada followers Politwika yang masih single, cewek, siap nikah, dan followers Twitter-nya sudah di atas 100, silakan menghubungi ke e-mail yang ada di bio akun BudeSumiyati,” ujar Bude, atau Admin.

View this post on Instagram

Jangankan hanya rintangan, rinkaki juga aku hadapi

A post shared by bude sumiyati (@budesumiyati) on

Ketika ditanya beban apa yang ada dipundaknya ketika menyandang status selebtwit, ia mengatakan bahwa yang terberat adalah menjaga nama baik Ibu Neti herawati. “Bebannya lebih ke menjaga image Bu Neti Herawati sebagai sosok pemeran BudeSumiyati.”

“Karena masih banyak yang belum tahu kalau BudeSumiyati hanyalah tokoh rekaan dan semua yang ditulis atau diposting, dikelola oleh admin bukan oleh Bu Neti Herawati sendiri,” terangnya.

Selain karena fotonya yang cenderung nyeleneh, akun BudeSumiyati juga viral karena caption galau ala bude-budenya. Si admin mengaku bahwa ia menciptakan caption kocak secara spontan, atau kadang saat salah membaca suatu kata/kalimat.

BudeSumiyati juga beranggapan bahwa medsos seperti Twitter, Instagram, dan Facebook adalah tempat yang sangat menyenangkan. Namun menurutnya akan lebih menjenangkan lagi ketika tidak ada yang marah-marah atau menyebarkan berita bohong.

“Hoaks dan fitnah sangat mengerikan sih. Wahai para penyebar hoaks, apa kalian tidak tertarik jadi selebtwit, selebgram, atau youtuber saja? Kerjaannya halal, dapat popularitas, dan kalau ada postingan berbayar, uangnya lebih besar dari pada menyebar hoaks lho,” ujarnya.

Untuk para followers-nya di Twitter dan Instagram, Bude punya pesan khusus. “Untuk para followers Bude, tolong jangan unfollow akun BudeSumiyati wkwkwk. Apa ya, pokoknya jangan ikut sebar kabar bohong, ghibah, dan fitnah ya.”

Related Posts